HUBUNGAN NILAI MATA KULIAH PRASYARAT TERHADAP NILAI MATA KULIAH BIOKIMIA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

Fatmawati Fatmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan nilai mata kuliah prasyarat terhadap nilai mata kuliah Biokimia mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. Penelitian  ini merupakan penelitian korelasi. Penetapan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan subjek 97 mahasiswa. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, data kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi. Hasil analisis korelasi diperoleh nilai signifikansi 0,032 dan nilai pearson correlation sebesar 0,218. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa nilai mata kuliah prasyarat memiliki hubungan positif dengan kategori rendah dan signifikan terhadap nilai mata kuliah Biokimia.

Kata kunci

Biokimia, Prasyarat


Full Text:

PDF

References


Anwar, Y. A. S., Junaidi, E., & Al Idrus, S. W. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Biokimia Mahasiswa Dalam Upaya Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Daur Belajar Johnston. Jurnal Kajian Penelitian dan Pengembangan Kependidikan Vol.5 No.1

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur - No.10/Tahun ke-7/Juni 2008

Irfan, M. & Suprapti,V. (2014). Hubungan Self-efficacy dengan Penyesuaian Diri Terhadap Perguruan Tinggi pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. JURNAL Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Volume 3, No. 3, Desember 2014

Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, Sy. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 1, 61-77 Januari 2017.

Kirana, C. C. (2018). Hubungan dan Pengaruh Nilai Mata Kuliah Prasyarat terhadap Nilai Mata Kuliah Mekanika pada Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNSYIAH. Skripsi.

Poedjiadi, A. & Supriyanti, F.M. Titin. (2007). Dasar-dasar Biokimia. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Riduwan & Kuncoro, E. A. (2008). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Sastrohamidjojo, H. (2018). Kimia Dasar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Septian, A. (2014). Pengaruh Kemampuan Prasyarat terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa dalam Matakuliah Analisis Real. Jurnal Kajian Pendidikan, 4(2).

Tim Penyusun Kurikulum Pendidikan Biologi UBT. (2017). Kurikulum Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v1i2.1728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement

Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda