UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII.5 SMPN 8 TARAKAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING)

Aidil Adhani, Mahatir Muhammad

Abstract


Pembelajaran merupakan proses yang melibatkan peserta didik dan pendidik dalam sebuah lingkungan belajar. Proses tersebut adalah kegiatan yang sudah direncanakan oleh pendidik untuk membelajarkan peserta didiknya melalui sebuah model dengan memanfatkan media maupun sumber belajar yang bervariasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru IPA di SMP Negeri 8 Tarakan, hasil belajar kognitif siswa kelas VIII.5 masih rendah. Upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan merancang pembelajaran yang mampu mengaktifkan proses-proses kognisi peserta didik dengan baik. Perencanaan pembelajaran secara utuh dapat dilakukan dengan penerapan model pembelajaran tertentu secara tepat, salah satunya dengan model PBL  (Problem Based Learning). Tujuan dari penelitian iniyaitu untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajatran IPA kelas VIII5 SMPN 8 Tarakan melalui penerapan model PBL. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Data yang dikumpulkan adalah data tentang hasil belajar kognitif siswa. Analisis deskriptif komparatif adalah membandingkan data nilai pretest dan posstest pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 73,33% menjadi 90% pada siklus II dengan model pembelajaran PBL.

 

Kata kunci

Hasil belajar, Kognitif , PBL.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A.G dan Ridwan, T. (2008). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung. Prosiding UPI. 1-10.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fauzan, M., Gani, A., Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5 (10), 27-35.

Nurani, F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369-379.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada.

Warsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v1i2.1729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda