PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGY SMART APPS (BISA) PADA MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBA CTERIA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas media pembelajaran Biology Smart Apps (BISA) berdasarkan penilaian ahli dan respon siswa pada materi Archaebacteria dan Eubacteria. Pengembangan media pembelajaran Biology Smart Apps (BiSA) mengadaptasi alur pengembangan model Luther yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap concept (konsep), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), dan testing (pengujian). Hasil penelitian berdasarkan penilaian ahli dan praktisi mendapatkan kriteria sangat valid, dengan rincian penilaian dari ahli media sebesar 85% (sangat valid), ahli materi I sebesar 88% (sangat valid), ahli materi II sebesar 85% (sangat valid) dan praktisi sebesar 91% (sangat valid). Selanjutnya, Media pembelajaran Biology Smart Apps (BiSA) pada materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk siswa kelas X SMA/MA berdasarkan uji lapangan mendapatkan kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan perolehan persentase respon siswa sebesar 83% .
Kata kunci : Biology Smart Apps, Archaebacteria, Eubacteria
Full Text:
PDFReferences
Abrori, F. M., Yulida, R., Adhani, A., Wijarini, F., & Nugroho, E. D. (2016). Media Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: Genom.
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1).
Atmawarni. (2011). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran yang Inovatif di Sekolah. Jurnal Ilmu Sosial- Fakultas ISIPOL UMA 4 (2): 20-27.
Darmawan, D. (2013). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Handayani, R.D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Mobile Learning pada Pekuliahan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 11 (1): 1-7.
Harjanto. (2006). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hilmi. (2016). Efektifitas Penggunaan Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Lantanida 4 (2): 128-135.
Lubis I.R., Solihah, M., Sugiyarto, K.H., dan Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Mobile Learning “Chemondro†Berbasis Android sebagai Suplemen Belajar Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains 468-477.
Hidayatussaadah, R., Hidayati, S., & Umniyati, S. (2016). Identifikasi kesulitan belajar siswa pada materi Archaebacteria dan Eubacteria di SMA Negeri 1 Muntilan. Pend. Biologi-S1, 5(7), 58-69.
Munandi, Y. (2008). Media Pembelajaran sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Nurchaili, N. (2011). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Proses Pembelajaran Kimia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(6), 648-658.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purnama, S. (2010). Elemen Warna dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Al-Bidayah 2 (1): 113-129.
Riduwan. (2007). Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Statista. (2019). Market Share of Mobile Operating System in Indonesia from January 2012 to June 2019 (Online). https://www.statista.com. Diakses tanggal 25 Juli 2019.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprapto, S. (2006). Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi di Sekolah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(1), 17250.
Sutarto. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Islamic Counseling 1 (2): 1-26.
Sutopo, A.H. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Jakarta: Graha Ilmu.
Tamimuddin, M. (2007). Pengenalan Media Berbasis Mobile (Mobile Learning). Artikel Publikasi. PPPPTK Matematika
Wati, E.K., Ilyas, M., dan Sulistyowati, E.D. (2017). Pengembangan Media Mobile Learning dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas X SMK. Jurnal Ilmu Budaya 1 (4): 291-304.
Wicaksono, L. 2016. Bahasa dalam Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Perspektif 1 (2): 9-19.
Yektyastuti, R dan Jaslin, I. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 2 (1): 88-99.
DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v1i2.1733
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Person :
Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement
Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329
INDEXING BY: