HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KABUPATEN NUNUKAN

Dini Andini Poetri, Endik Deni Nugroho, Vlorensius Vlorensius

Abstract


Kecerdasan emosional merupakan kemampuan siswa dalam mengenali dan mengontrol emosi diri, sehingga berdampak positif pada saat mengikuti pembelajaran. Kecerdasan emosional erat kaitannya dengan keterampilan metakognitif. Keterampilan metakognitif adalah kemampuan siswa untuk mengontrol proses belajarnya, mulai dari tahap perencanaan, memilih strategi yang tepat sesuai masalah yang dihadapi kemudian melihat kemajuan dalam belajar dan mengoreksi jika terjadi kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa dan menganalisis hubungan antara keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 920 siswa kelas VII seluruh SMP Negeri di Kabupaten Nunukan dan sampel penelitian adalah 242 siswa dengan penentuan sampel menggunakan rumus Nomogram Harry King. Keseluruhan data diperoleh berdasarkan skor dari angket kecerdasan emosional, tes essai keterampilan metakognitif, dan tes pilihan ganda hasil belajar siswa. Kemudian, data dianalisis dengan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki korelasi terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,122 yang berarti kecerdasan emosional tidak memiliki hubungan terhadap hasil belajar siswa. Disamping itu, keterampilan metakognitif memiliki korelasi terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,029 yang berarti keterampilan metakognitif memiliki hubungan terhadap hasil belajar siswa. Sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sebesar 0,9% dan sumbangan relatifnya 34%. Selanjutnya, sumbangan efektif keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar sebesar 1,3% dan sumbangan relatifnya 48%.

 

Kata kunci: Kecerdasan emosional, Metakognitif, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Anam. (2014). Efektifitas Dan Pengaruh Model PembelajaranInkuiri Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. E-journal Mimbar Sekolah Dasar STKIP Sebelas April Sumedang 2 (1)

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aunurrahman (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Basith, A. (2011). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Mata pelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD dengan StrategiP embelajaran Jigsaw dan Think Pair Share (TPS). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: JurusanBiologi FMIPAUM.

Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RinekaCipta

Chikmiyah, C., & Bambang S. (2012). Relationship Between Metacognitive Knowledge And Student Learning Outcomes Through Cooperative Learning Model Type Think Pair Share On Buffer Solution Matter. Unesa Journal of Chemical Education, 1 (1):55-61, (Online), (http://ejournal. unesa.ac.id/ article/ 202/36/articl e.pdf), diakses 20 Agustus 2019.

Corebima, A. D. (2005). Pengukuran Kemampuan Berpikir Pada Pembelajaran Biologi. Makalah disajikan pada Seminar Dies Ke41 Universitas Negeri Yogyakarta dengan Tema Hasil Penelitian Tentang Evaluasi Hasil Belajar Serta Pengelolaannya, Yogyakarta 14-15 Mei2005.

Corebima, A. D. 2006. Pembelajaran Biologi Yang Memberdayakan Kemampuan Berpikir Siswa. Makalah disajikan dalam Pelatihan Strategi Metakognitif pada Pembelajaran Biologi untuk Guru-guru Biologi SMA, Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) UNPAR, Palangkaraya, 23Agustus 2006.

Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 19 (2).

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djamarah. (2008). PsikologiBelajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fauziyah, D.R., Corebima, A.D., dan Zubaidah, S. (2013). Hubungan Keterampilan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share di SMA Negeri 6. Artikel Publikasi. Universitas Negeri Malang




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v2i1.1735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda