ETNOBOTANI TUMBUHAN FAMILY ARECACEAE DI KOTA TARAKAN

Yoga Noval Kurniawan, Nuraini Nuraini, Kamelia Kamelia, Resti Mantang, Zulfadli Zulfadli, Darius Rupa

Abstract


Etnobotani adalah cabang ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan tumbuhan dan lingkungannya.Tumbuhan Arecaceae adalah salah satu family tumbuhan terpenting bagi manusia yang jenisnya banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya sebagai bahan kerajinan, makanan, minuman, obat tradisional, hiasan, bahan bangunan, dan sebagainya. Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan oleh masyarakat terdiri dari  akar,  batang,  daun,  bunga  dan buah. Kota Tarakan merupakan salah satu kota yang banyak memanfaatkan family tersebut. Pemanfaatan family ini diantaranya digunakan sebagai bahan pangan, obat-obatan dan lain sebagainya. Akan tetapi, saat ini family tersebut di kota Tarakan hanya beberapa kelompok masyarakat saja yang masih memanfaatkannya secara tradisional. Penelitian ini berguna untuk memberikan informasi kepada masyarakat modern mengenai jenis kelas Arecaceae yang ada di Tarakan dan pemanfaatanya oleh masyarakat secara tradisional.Penelitian ini dilakukan pada tanggal 8 Oktober 2019 dan berlangsung selama dua bulan yaitu dari bulan Oktober sampai bulan November 2019.Alat dan bahan yang digunakan yaitu kamera, alat tulis dan lembar observasi.Objek penelitian ini adalah jenis tumbuhan Arecaceae yang dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Tarakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu crution atau jelajah, observasi dan wawancara. Teknik pengambilan responden menggunakan snowball sampling. hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu jenis-jenis tumbuhan yang termasuk kedalam family Arecaceae yang ditemukan adalah Cocus nucifera, Areca catechu, Chrysalidocarpus lutescens, Elaeis gulneensis, Arenga pinnata, Zalaca edulis. Tumbuhan tersebut di masyarakat kota Tarakan dimanfaatkan sebagai bahan pangan, obat tradisional dan lainnya

Kata kunci

Etnobotani, Arecaceae, Tarakan


Full Text:

PDF

References


Badan Metorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Tarakan.

Hakim, L. (2014). Etnobotani Dan Manajemen Kebun Pekarangan Rumah: Ketahanan Pangan, Kesehatan Dan Agrowisata. Malang: Penerbit Selaras.

Joshua, J., & Sinuraya, R. K. (2018). Keanekaragaman Aktivitas Farmakologi Tanaman Salak (Salacca Zalacca). Farmaka, 16(1), 99-107.

Listiani, L., & Abrori, F.M. (2017). Kajian Folk Taxonomy dalam Penelitian Etnobotani (Studi Kasus Taksonomi Rakyat pada Beberapa Suku di Indonesia). Yogyakarta: Penebar Media Pustaka

Nurmaliah, C. dan Restiani, C. (2011). Etnobotani Familia Arecaceae di Kaabupaten Aceh Barat Daya. Prosiding Seminar Nasional Biologi. Sumatera Utara: USU Press.

Nuryanti, S., Linda, R., & Lovadi, I. (2015). Pemanfaatan Tumbuhan Arecaceae (Palem-Paleman) Oleh Masyarakat Dayak Randu'Di Desa Batu Buil Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi. Protobiont, 4(1).: 128-135.

Oktavia, G. A. E., Darma, I. D. P., & Sujarwo, W. (2017). Studi etnobotani tumbuhan obat di kawasan sekitar Danau Buyan-Tamblingan, Bali. Buletin Kebun Raya, 20(1), 1-16.

Pratiwi, F. M., & Sutara, P. K. (2013). Etnobotani kelapa (Cocos nucifera L.) di wilayah Denpasar dan Badung. Jurnal Simbiosis, 1(2), 102-111.

Roswita, C. (2018). Pemanfaatan Tumbuhan Palem–Paleman (Arecaceae) Sebagai Obat Tradisional Oleh Masyarakat Aceh Di Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen. Jurnal Biosains, 4(1), 32-38.

Silvia, Y. (2017). Etnobotani Tumbuhan Anggota Arecaceae Di Kecamatan Seulimum. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah 2(2), 30-42.

Siregar, EBM. (2005). Potensi Palem Indonesia.USU PRESS.Sumatera.

Sunanto, H. (1993). Aren Budidaya dan Multiguna.Yogyakarta: Kanisius.

Winda, G. W., Budhi, S., & Sisillia, L. (2016) Etnobotani Masyarakat Desa Saham (Studi Kasus di Desa Saham, Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak, Kalimantan Barat). Jurnal Hutan Lestari, 4(1).

Tjitrosoepomo, G. (1983). Botani Umum3. Bandung: Penerbit Angkasa




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v2i1.1736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda