BUDAYA SEKOLAH DAN PERSEPSI ALUMNI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

Fatmawati Fatmawati

Abstract


Persepsi responden dapat memberikan gambaran tentang nilai-nilai yang ada di sekolah, bagaimana responden memandang budaya yang ada di sekolah sebagai tempat bekerja, bagaimana peranan budaya sekolah bagi responden dan bagaimana responden yang merupakan alumni pendidikan Biologi UBT berkedudukan dalam suatu organisasi.Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data melalui inventori yang diberikan kepada 24 responden, data kemudian dianalisis dengan teknik persentase. Diperoleh hasil, sebagian besar tujuan atau misi sekolah telah diketahui dengan baik oleh responden; keputusan sekolah dan norma-norma sekolah melibatkan semua pihak sekolah; 37,5% tidak memilih prestasi, fasilitas, kedisiplinan, maupun biaya sekolah sebagai ciri khas sekolah, 33,3% memilih kedisiplinan sekolah sebagai ciri khas , dan 25% memilih prestasi sekolah sebagai ciri khas sekolah; sebagaian besar mengatakan dibutuhkan dan telah terjalin sikap saling mendukung (kolaboratif) di sekolah; 50% menyatakan bahwasanya kepala sekolah dan guru berusaha memperhatikan nilai kebenaran/ empiris dalam pencapaian pekerjaan; 58,3% menyatakan telah memiliki nilai-nilai dan kemampuan seperti perhatian pada pekerjaan, kemampuan bekerja tepat waktu, dan kemampuan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi; 54,2% memiliki usaha dalam kerja inovatif dan kreatif;  79,2% menyatakan bahwa budaya organisasi di sekolah memiliki ketentuan dan aturan yang mengikat seluruh anggota organisasi; 54,2% berpendapat bahwa budaya organisasi di sekolah dipengaruhi oleh iklim dan lingkungan fisik; dan 66,7% berpendapat bahwa budaya organisasi sekolah harus dapat menciptakan suasana lingkungan kerja yang kondusif (lingkungan yang mendukung secara positif).

Kata Kunci

Alumni, Budaya Sekolah, Pendidikan Biologi, Persepsi


Full Text:

PDF

References


Calam, A. & Qurniati, A. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal SAINTIKOM Vol.15, No. 1, Januari 2016

Efianingrum, A. (2013). Kultur Sekolah. Jurnal Pemikiran Sosiologi Volume 2 No.1, Mei 2013

Fatmawati, F. (2017). The contribution of school culture and job motivation to the performance of chemistry teachers. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 42-51.

Maryamah, E. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. TARBAWI 2 (2),

Neprializa. (2015). Manajemen Budaya Sekolah. Manajer Pendidikan 9 (3), 419-429

Oktaviani, C. (2015). Peran Budaya Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan 9 (4)

Purwoko, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 6, No. 2, September 2018 (149-162).

Wibowo, A & Saptono, A. (2017). Kepemimpinan Intrapreneurship, Budaya Sekolah dan Kinerja Inovasi Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 5 (2) 2017, 176-193




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v2i2.1746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement

Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda