PROFIL KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR MAHASISWA SEMESTER AWAL JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

Aidil Adhani

Abstract


Mahasiswa merupakan kumpulan individu dengan berbagai karakter. Salah satu karakter yang bisa dibedakan adalah gaya belajarnya. Gaya belajar merupakan kebiasaan belajar yang disenangi oleh mahasiswa untuk mempermudah mempelajari topik perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar mahasiswa baru jurudan Pendidikan biologi FKIP UBT agar dosen dapat memfasilitasi dengan baik kebutuhan belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan angket gaya belajar sebagai instrument penelitian. Hasil analisis data menujukkan bahwa persentase gaya belajar visual (46,67%), auditorial (30%), kinestetik (8,33%), visual-auditorial (11,67), dan visual kinestetik (3,33%). Kecenderungan gaya belajar mahasiswa yang dominan yaitu visual dan yang persentase terendah yaitu gaya belajar kinestetik.

Kata kunci

Auditorial, kinestetik, learning style, mahasiswa, visual


Full Text:

PDF

References


Deporter, B, dan Henarcki. (2010). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Deporter, B. & Hernacki, M. (1992). Quantum Learning: Unleashing the Genius in You. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman (Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan). 2009. Bandung: Kaifa.

Ghufron, M. N dan Risnawita, R. (2013). Gaya Belajar: Kajian Teorik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jaleel, S. dan Thomas, A. M. (2019). Learning Styles - Theories and Implications for Teaching Learning. Horizon Research Publishing.

Jatikusumo, G. A., Mayangsari, T., Kurniadi, E. (2017). Analisis Gaya Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kota Madiun. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika III, 213-217.

Julianti, I. A. R. (2016). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN Di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Subini, N. (2011). Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Jakarta: PT. Buku Kita.

Suparman. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus BOOK Publisher.

Widayah, S. N. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Di Sdn Gugus Dr. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Pati. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Zahroh, U dan Asyhar, B. (2014). Kecenderungan Gaya Belajar Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Bijektif. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2 (1), 72-81.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v2i1.1839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda