ANALISIS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X BERDASARKAN TAKSONOMI ANDERSON DI SMA NEGERI 1 TARAKAN

Yoga Noval Kurniawan, Zulfadli Zulfadli, Aidil Adhani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bermaksud menjawab dua pertanyaan terkait soal penilaian akhir semester biologi kelas X berdasarkan taksonomi anderson di SMA Negeri 1 Tarakan. Pertama, bagaimanakah persebaran soal penilaian akhir semester kelas X pada mata pelajaran biologi berdasarkan dimensi pengetahuan taksonomi Anderson? Kedua, bagaimanakah persebaran soal penilaian akhir semester kelas X pada mata pelajaran biologi berdasarkan dimensi proses kognitif taksonomi Anderson?. Skripsi ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah guru dan objek penelitian berupa soal kelas X semester genap pada mata pelajaran Biologi tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda, 5 soal isian singkat dan 2 soal essay. Data diperoleh berdasarkan hasil wawancara guru mata pelajaran dan analisis secara kualitatif berdasarkan sebaran dimensi Taksonomi Anderson pada soal penilaian akhir semester genap mata pelajaran Biologi kelas X tahun ajaran 2019/2020. Hasil dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: pertama, Pada dimensi pengetahuan soal masih didominasi oleh pengetahuan faktual sebanyak  64,7% dan konseptual sebanyak 35,3% dan tidak terdapat soal yang dapat mengukur pengetahuan prosedural dan metakognitif. Kedua, berdasarkan dimensi proses kognitif soal didominasi oleh soal pada level C1 yaitu 64,7%, soal pada level C2 sebanyak 23,5%, soal pada level C3 sebanyak 5,9% dan C4 sebanyak 5,9%. Tidak ditemukan soal pada level C5 dan C6 pada soal penilaian akhir semester genap kelas X di SMA Negeri 1 Tarakan. Dengan demikian dalam penyusunan soal sebaiknya memperhatikan komposisi soal berdasarkan dimensi taksonomi anderson agar peserta didik mendapatkan alat evaluasi yang lebih baik.

 

 

Kata Kunci

Dimensi pengetahuan, dimensi proses kognitif, Taksonomi Anderson, soal penilaian akhir semester

 

Abstract

This study aimed was to find the two questions towards final semester test items referring to Anderson Taxonomy on Biology class of tenth grade at SMA NEGERI 1 TARAKAN. First, how is the distribution of final semester test items for tenth grade on biology class referring to the dimensions of Anderson’s taxonomic knowledge?. Second, how is the distribution of final semester test items for tenth grade on biology class referring to Anderson taxonomic cognitive processes’ dimensions?. This research was a descriptive study with a case study research desain. The research subject were teachers of Biology and final semester test items for tenth grade on biology class academic year 2019/2020. The test item presented 10 multiple choice questions, 5 short answer questions, and 2 essay questions. The data was gained from the interview result and qualitative analysis of the distribution of Anderson’s Taxonomy dimensions in the final even semester test items of the tenth grade on biology class academic year 2019/2020. The result showed that academic questions’ dimensions are still dominated by factual knowledge with 64,7% and conceptual understanding as much as 35,3%, and there are no questions that can measure procedural and metacognitive knowledge. The cognitive process dimensions were dominated by test item at the C1 level, namely 64,7% item and followed by C2 level with 23,5%, while the test item on C3 and C4 level contributed each 5,9%, and C4 tess item. C5 and C6 level was not found in the final even semester test items of tenth grade at SMA Negeri 1 Tarakan. Thus, the teacher needs to pay considerable attention to the composition of the test items referring to Anderson’s taxonomic dimensions to find a satisfactory evaluation tool.

 

 

Keywords : Anderson’s Taxonomy, cognitive process dimension, final semester test items, knowledge dimension,


Full Text:

PDF

References


Adhani, A., & Ilmah, S. (2018). Efektivitas Strategi Pembelajaran Brain-Based Learning Terhadap Keterampilan Metakognitif. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8 (2), 1-6.

Ahmad, D. N, dkk. (2020). Analisis Sistem Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Dalam Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif. Jurnal Biotik. Vol.8 (1). Hal: 11-23.

Aminah. 2020. Analisis Soal Latihan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Biologi SMA Kelas X Semester Genap. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang. (Naskah dipublikasikan)

Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Juhanda, Aa. (2016). Analisis Soal Jenjang Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Pada Buku Sekolah Elektronik (Bse) Biologi SMA. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 2(1), Hal: 61-66.

Kemendikbud. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Nugraheni, Y. P., Widodo, A. T., dan Sugiyo, W. (2013). Kualitas Soal Buatan Guru Dan Dinas Pendidikan Bidang Studi Kimia. Jurnal Chemistry in Education. Vol. 2 (1), Hal: 1-8.

Oktavianti, F. S., Hindrasti, N. E. K., Asikin, N. (2017). Analisis Soal Ujian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Kelas X dan XI Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Artikel E-Journal. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Permatasari, A., Wartono dan Kusairi, S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA. Prosiding Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol.2.

Permendikbud No. 21 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Permendikbud No. 23 tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Usaha Nasional

Rahmawati, Helda Ayu Bintari. (2019) “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Order Thingking Skill (HOTS)”. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 3401-5075.

Septiana, N. (2016). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Biologi Tahun Pelajaran 2015/2016 Kelas X Dan Xi Pada Man Sampit. Jurnal EduSains. Vol. 4 (2).

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfaberta..

Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utami, I P., Aryeni. (2017). Analisis Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Dimensi Proses Kognitif Taksonomi Anderson. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol. 6(3) Hal 185-192.

Widana, I. (2017). Modul Penyusunan soal High Order Thinking Skills (HOST). Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.52222/bjbe.v3i1.1887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Darius Rupa, S.Pd., M.Si
Biology Education Departement
Tarakan Borneo University
Jalan Amal Lama No1
Tarakan, North Kalimantan
 Hp : 082256026855