PENGEMBANGAN HANDOUT BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KINGDOM PLANTAE DI KELAS X SMAK FRATER DON BOSCO TARAKAN

Susi Yantika Siahaan, Fitri Wijarini, Aidil Adhani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Handout Bermuatan Pendidikan Karakter Berbasis Kontekstual Pada Materi Kingdom Plantae di Kelas X SMAK Frater Don Bosco Tarakan yang berkualitas dari segi kelayakan dan respon siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengemmbangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap  yaitu Define, Design,  Development, Disseminate. Akan tetapi, pada pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap ke 3 yaitu tahap Development. Data penelitian dianalisis melalui uji kelayakan dan respon siswa. Pengujian produk dilakukan oleh validator ahli media, ahli materi, dan praktisi (guru biologi). Uji coba lapangan dilakukan secara online melalui google formulir yang dibagikan pada siswa SMAK Frater Don Bosco Tarakan kelas XI IPA dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 89% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 96% dengan kategori sangat layak, praktisi sebesar 94% dengan kategori sangat layak dan respon siswa sebesar 87% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Handout Bermuatan Pendidikan Karakter Berbasis Kontekstual Pada Materi Kingdom Plantae yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas bahan ajar yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran biologi di sekolah.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Handout, Pendidikan karakter, Kontekstual.

Abstract

 

This study aimed to produce high quality handouts with contextual-based character education on Kingdom Plantae Material for tenth Grade Students of SMAK Frater Don Bosco Tarakan in terms of student eligibility and response. This Research and Development (R&D) study used a 4-D development model consisting of 4 stages, namely Define, Design, Development was only carried out until the 3 rd  stage (Deveopment stage). The research data were analyzed through feasibility test and student responses. Product testing was validated by media expert, material experts, and practitioners (biology tearchers). Field trials were carried out online via a google form which was distributed to a total of 30 students. The validations result obtained from media experts were 89% which meant very feasible, 96% from material experts meaning feasible, 94% from practitioners meaning very feasible, 87% from student response meaning very interesting. It could be concluded that the handout with Contextual-Based Character Education on the Kingdom Plantae material developed met the criteria for good quality teaching materials and was suittable for use in learning biology in the school.

                                                                                                                  

KeywordsTeaching Materials, Handouts, Character education, Contextual.


Full Text:

PDF

References


Anifah, R., Kasrina., & Ansori, A. (2018). Pengembangan Handout Biologi Materi Keanekaragaman Hayati Untuk SMA Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2): 44-51 (2018).

Anggela, M. (2013). Pengembangan Buku Ajar Bermuatan Nilai-nilai Karakter Pada Materi Usaha dan Momentum untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMA. Pillar of Physics Education, 1(1).

Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 69-88.

Asriani, Pity, (2017). Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan.(http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/gtk/article/viewFile/314/297

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lickona, T. (2006). Educating For Character. Jakarta. Bumi Aksara

Mulyoto. (2013). Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustrakaraya.

Mustofa, A., & Cintamulya, I. (2017). Pengembangan Handout Materi Biologi SMP Berbasis Pendekatan Konsep pada Sistem dalam Kehidupan Manusia. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 14, No. 1, pp. 591-597).

Prasetyo, A. & Rivansintha, E. (2011). Konsep Urgensi dan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Http://edukasi.kompasiana.com/2011/05/27/konsep-urgensi-dan-implementasi-pendidikan-karakter-disekolah/

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Putri, E. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pokok Bahasan Materi Sistem Gerak untuk Siswa Kelas VIII MTs As’ adiyah Pongka Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Rafiqah. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Cet. I. Makassar: Alauddin University Press.

Riduwan. (2014). Skala Pengukuran Variabel-variebel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel – variabel Penelitian. Bandung:

Alfabeta.

Hera, R., Khairil, K., & Hasanuddin, H. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual Pada Perkuliahan Perkembangan Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2(2).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabet.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Socurcebook. Minnesota: Center for Innovation Teaching the Aandycapped Indiana University.

Wibawa, M. (2014). Analisis Kualitas Desain Sampul Buku Sekolah Elektronik

(BSE) Mata Pelajaran Seni Budaya. Artikel Publikasi. Universitas Negeri Surabaya.

Widadi, M. (2012). Pengembangan Handout Pembelajaran Kerja Bangku di SMK NEGERI 1 SEYEGAN. Skripsi. Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta : Yogjakarta

Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan aspek materi dan media dalam pengembangan buku ajar sastra lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3, 162-172.




DOI: https://doi.org/10.52222/bjbe.v3i1.1888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Darius Rupa, S.Pd., M.Si
Biology Education Departement
Tarakan Borneo University
Jalan Amal Lama No1
Tarakan, North Kalimantan
 Hp : 082256026855