IMPLEMENTASI BUKU AJAR DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS: EFEKTIVITAS BUKU AJAR MIKROBIOLOGI PADA PERKULIAHAN

Fitri Wijarini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas buku ajar mikrobiologi sebagai sumber belajar mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 33 mahasiswa. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5B Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan Teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku ajar mikrobiologi dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Ketuntasan bealajar pada siklus satu sebesar 38.33% sedangkan ketuntasan pada siklus dua sebesar 95.66%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku ajar mikrobiologi sebagai sumber belajar efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Kata kunci: Efektivitas, buku ajar, mikrobiologi

 

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of microbiology textbooks as a learning resource for Biology Education students at the University of Borneo Tarakan. This research is a classroom action research with 33 students as research subjects. The research subjects in this study were 5B semester students of the Department of Biology Education, University of Borneo Tarakan. The instrument used in this study was a learning outcome test. Data analysis was carried out by descriptive quantitative with percentage technique. The results showed that the use of microbiology textbooks could improve student learning outcomes. The completeness of learning in the first cycle was 38.33%, while the second cycle's completeness was 95.66%. So, it can be concluded that the use of microbiology textbooks as a learning resource effectively improves student learning outcomes.

Keywords: Effectiveness, textbooks, microbiology


Full Text:

PDF

References


Abrori, F. M., Yulida, R., Adhani, A., Wijarini, F., & Nugroho, E. D. (2016). Media Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: Genom.

Aisyah, S., Evih N.,& Triyanto. 2020. Bahan Ajar Sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka. 2(1). No. 61-65.

Hartati, E., Sundaryono, A., & Sipriyadi, S. (2019). Pengembangan Audio Visual Bahan Ajar Mikrobiologi Berbasis Penelitian Bakteri Lipolitik Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif. PENDIPA Journal of Science Education, 3(1), 14-19. Ilmia, Silfi & Fitri W. (2018). Efektifitas Buku Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Potensi Lokal Tarakan. Jurnal Pedagogia Hayati 2(1): 33-36.

Indriati, R. (2013). Identifikasi Penggunaan Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Taman. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1(3).

Putri, IW. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Gambar Kelas III Sekolah Dasar. http://repository.upy.ac.id/1556/1Artikel.pdf. Diakses 17 Januari 2021.

Sanaky, HAH. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safrina Insania Press.

Saputri, D. F., Fadilah, S., & Wahyudi, W. (2016). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Inkuiri dalam Perkuliahan Fisika Matematika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 7-14.

Sholihah, M. A., & Sofiyana, M. S. (2019). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mikrobiologi Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Bioma: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 123-132.

Slavin, R., (1994). Educational Psycologi. Boston: Allyn and Bacon Publishing Company.

Wijarini, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Mikrobiologi Sebagai Sumber Belajar Mata Kuliah Mikrobiologi Umum Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. Biopedagogia, 2(2), 130-137.

Wijarini, F. (2021). Kepraktisan Buku Ajar Mikrobiologi Umum: Kajian Ujicoba Pengembangan. Biopedagogia, 3(1), 37-42.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v3i1.1889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda