PENGEMBANGAN MAJALAH BIOPEDIA BERDASARKAN PENELITIAN STUDI KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN BELALANG (ORDO ORTHOPTERA) DI HUTAN PENELITIAN UNVERSITAS BORNEO TARAKAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pada produk majalah biopedia sebagai sumber belajar bagi siswa SMA pada materi invertebrata kelas insekta. Jenis penelitian ini adalah Research and Developmen (R&D) dengan desain penelitian model Borg and Gall (1983). Adapun langkah- langkah model Borg and Gall (1983) yang digunakan pada penelitian ini yaitu dimulai dari penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk dan revisi produk. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan produk majalah mendapatkan nilai validasi dari ahli media dengan rata-rata 95% (sangat layak), ahli materi dengan rata-rata 92% (sangat layak), ahli bahasa dengan rata-rata 97,5% (sangat layak) dan ahli praktisi dengan rata-rata 94% (sangat layak). Penelitian uji coba produk dilakukan dengan uji coba terbatas dan jumlah sampel sebanyak 12 siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan, hasil yang diperoleh rata-rata 89% (sangat layak). Dari hasil validasi dan uji coba produk respon siswa di peroleh nilai rata-rata 92,5%. Sehingga majalah biopedia yang berjudul “keanekaragaman hayati belalang orthoptera di hutan penelitian Universitas Borneo Tarakan†sangat layak digunakan sebagai sumber belajar siswa.
Â
Kata kunci
Hutan Penelitian Universitas Borneo Tarakan, Ordo orthoptera, Majalah
Â
Abstract
This study aims to determine the feasibility of the product of the biopedia magazine as a learning resource for high school students in the invertebrate class of insects. This type of research is Research and Development (R&D) with a research design model of Borg and Gall (1983). The steps of the Borg and Gall (1983) model used in this research are starting from research and initial data collection, planning, initial product development, product testing and product revision. Data analysis used descriptive qualitative and quantitative approaches. The results of magazine product development get validation scores from media experts with an average of 95% (very decent), material experts with an average of 92% (very decent), linguists with an average of 97.5% (very decent) and experts practitioners with an average of 94% (very decent). The product trial research was conducted with a limited trial and the number of samples was 12 students of class X at SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan, the results obtained were an average of 89% (very feasible). From the results of the validation and testing of student response products, an average value of 92.5% was obtained. So the biopedia magazine entitled "Biodiversity of Orthoptera grasshoppers in the research forest of the University of Borneo Tarakan" is very suitable to be used as a source of student learning.
Â
Keywords
Research Forest, University of Borneo Tarakan, Order of Orthoptera, Magazine
Full Text:
PDFReferences
Assegaff, D. H. (1983). Jurnalistik masa kini: pengantar ke praktek kewartawanan [Journalism today: Introduction to the practice of journalism]. Jakarta: Ghalia.
Azizah, V. N., & Budijastuti, W. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN ILUSTRATIF E- BOOK TIPE FLIPBOOK PADA MATERI SISTEM IMUN UNTUK MELATIHKAN
KEMAMPUAN MEMBUAT POSTER. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 40– 51.
Gall, M. D. (1989). Gall. JP, & Borg, WR (2007). Educational Research: An Introduction, 8, 1990–2025.
Hamdani, S. B. M. (2011). Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hayati, N., & Rahmawati, L. E. (2016). Keakuratan Materi Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum 2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kinanti, L. P., & Sudirman, S. (2017). Analisis kelayakan isi materi dari komponen materi pendukung pembelajaran dalam buku teks mata pelajaran sosiologi kelas xi sma negeri di kota bandung. Sosietas, 7(1).
Mardiani, E., & Noerhodijah, S. R. (2015). Penyusunan modul pembelajaran jaringan tumbuhan berbasis hakikat sains. BIODIDAKTIKA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 10(2).
Muslich, M. (2010). Text book writing: Dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 52, 47–52.
Nurasih, Y. P., Wahyuni, I., & Leksono, S. M. (2020). Pengembangan Majalah Invertebrata sebagai Sumber Belajar Siswa SMA pada Subkonsep Invertebrata. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 87–97.
Purnomo, D. (2012). Pengaruh penggunaan modul hasil penelitian pencemaran di sungai pepe surakarta sebagai sumber belajar biologi pokok bahasan pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa.
Purwanto, M. N. (2019). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran.
Rahim, F. (2005). Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar. PT Bumi Aksara: Jakarta.
Ratnasari, R. D., Priantari, I., & Hapsari, A. I. (2017). Pengembangan mature sebagai bahan ajar. Bioma: Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 2(2).
Shoimah, R. N. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iii Mi Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan https://digilib. uinsuka. ac. id/id/eprint/14157/1. BAB% 20I% 2C% 20IV% 2C% 20DAFTAR% 20PUSTAK A. Pdf Diakses Pada Tanggal, 13.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Witabora, J. (2012). Peran dan perkembangan ilustrasi. Humaniora, 3(2), 659–667.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X–ITS, Surabaya, 4.
DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v3i2.2536
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Person :
Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement
Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329
INDEXING BY: