PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI PADA MATERI VERTEBRATA KELAS X DI SMAN 3 PASURUAN

Jamilatul Qomariyah, Reza Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan produk dan kelayakan modul biologi pada materi verebrata kelas X di SMAN 3 Pasuruan. Modul biologi pada materi vertebrata dikembangkan menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono. Hasil validasi ahli materi didapatkan bahwa produk yang dikembangkan memperoleh kategori layak dengan persentase kelayakan 75 %, ahli media memperoleh kategori layak dengan persentase kelayakan 73,71 %, penilaian guru biologi memperoleh kategori layak dengan persentase kelayakan 72,5% dan dari tanggapan peserta didik memperoleh persentase kelayakan sebesar 83,33% sehingga modul biologi pada materi vertebrata sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini hanya dilakukan dalam skala terbatas sehingga perlu dikembangkan ke lingkup yang lebih luas.


Full Text:

PDF

References


Asmi, Adhtya Rol. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Materi Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Mata Kuliah Pancasila MPK Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Volume 27.

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42.

Azaruddin, M. A. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Peta Konsep Bergambar Pada Materi Invertebrata Sebagai Sumber Belajar Kelas X Sma Islam Raudlatul Falah. Semarang.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip.

Khoirudin, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Scientific Approach Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 33. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1403.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769.

Prawiradilaga. Dkk. 2018. Modul Hypercontent Teknologi Kerja (Perfomance Technology). Jakarta: Kencana.

Ramadhani. Dkk. (2020). Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suryanti, E., Fitriani, A., Redjeki, S., & Riandi, R. (2019). Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Biologi Molekuler Berstrategi Modified Free Inquiry. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 37–47. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3990

Tamba, Y. R., Napitupulu, M. A., & Sidabukke, M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Hewan Invertebrata Di Kelas X. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.11321.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v5i1.2979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement

Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda