PROFIL KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH YIIPS SEBATIK TIMUR PADA PELAJARAN BIOLOGI TOPIK JARINGAN

Nirwana Nirwana, Dewi Retnaningati, Wasriani Wasriani

Abstract


Salah satu tuntutan kurikulum mengharapkan siswa memiliki kecakapan kognitif . Oleh karenanya perlu dilakukan riset untuk mengetahui profil kemampuan kognitif siswa. Dalam penelitian ini dilakukan analisis kemampuan kognitif siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah YIIPS Sebatik Timur pada mata pelajaran Biologi topik Jaringan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dan teknik analisis kuantitatif penskoran dengan koreksi terhadap jawaban tebakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA MA YIIPS Sebatik Timur memiliki kemampuan kognitif yang sangat tinggi sebesar 61,11%, tinggi sebesar 33,33%, dan kemampuan kognitif  sedang sebesar 5,56%.


Full Text:

PDF

References


Colley, K. (2008). Project Based Science Instruction: A Primer An Introduction and Learning Cycle for Project Based Science. Jurnal The Science Teacher, Vol 75:23-28

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2002), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Indriwati, S.E. (2007). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Tingkat Kemampuan Akademik Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kecakapan Hidup Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal pendidikan biologi, 7(1), 9-21.

Kamdi, W. (2007). Pembelajaran Berbasis Proyek: Model Potensial untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran.

Mahanal, S. (2008). Pengembangan Perangkat pembelajaran deteksi Kualitas Sungai dengan Indikator Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Memberdayakan Berpikir Kritis dan Sikap Siswa SMA terhadap ekosistem Sungai di Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Nasution, F. (2011). Psikologi Umum: Buku Panduan untuk Fakultas Tarbiyah.

Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa sma pada materi usaha dan energi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197-202.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sutarto, S. (2017). Teori kognitif dan implikasinya dalam pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 1-26.

Yuberti, Y. (2015). Ketidakseimbangan Instrumen Penilaian Pada Domain Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4 (1), 1-11.

Zakiah, Z., & Khairi, F. (2019). Pengaruh Kemampuan Kognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Selaparang. El Midad, 11 (1)75-100.

Zhou, N. (2005). Four ‘Pillars of Learning’ for the Reorientation and Reorganization of Curriculum: Reflections and Discussions. AsiaPacific Programme of Educational Innovation for Development (APEID), at UNECO Asia and Pacific Regional Bureau




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v4i2.3228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda