ANALISIS HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH GENETIKA DASAR

Dewi Retnaningati, Ibrahim Ibrahim, Silfia Ilma

Abstract


Hasil belajar merupakan salah satu hal penting dari proses pembelajaran, sehingga untuk mencapai hasil belajar yang baik diperlukan kemampuan kognitif yang baik pula. Hal ini memberikan tantangan kepada pendidik untuk berinovasi dalam menentukan model/metode pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Hasil belajar kognitif peserta didik perlu dievaluasi sehingga pada proses pembelajaran berikutnya dapat dikembangkan model/metode pembelajaran serta penggunaan media yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar kognitif mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi di Universitas Borneo Tarakan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kognitif. Data nilai mahasiswa diperoleh dari hasil evaluasi materi pada mata kuliah Genetika Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki hasil belajar kognitif “sangat baik†sebesar 16,67%, “baik†sebesar 50%, dan “cukup†sebesar 33,33%.


Full Text:

PDF

References


Ama, F.T & Sartatu, S.B. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Model Snowball Throwing pada Pokok Bahasan Penyelesaian Pertidaksamaan Kuadrat. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 1(2), 73-80.

Anderson & Kratwohl. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen (Cetakan ke-1). Yogyaarta: Pustaka Belajar.

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2001). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Apolonius, U., Dwi, C. W & Rian, M. S. (2021). Analisis Hasil Belajar Pada Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri 22 SP.5 Manis Raya Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 4, No. 1.

Arikunto. S. 2015.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Elliot, S. N., Kratchwill, T. R., Cook, J. L. & Travers, J. F. (2010). Educational Psycology: Effective Teaching, Effective Learning, Third Edition. United States of America: McGraw-Hill Companies, Inc.

Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2006). Characteristics of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review. Research in Nursing & Health. 40(1), 23-42. doi:10.1002/nur.21768.

Primarinda. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Mahasiswa Kelas X SMA 4 Surakarta. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Skripsi.

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Sasser, L. (2010). Brain Difference Between Gender. Gender Differences In Learning, Genesis, 5, 1-2.

Sugiyono (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Prospek.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Uno, H. B. & Koni, S. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Hal. 247-248.

Widyahening, C. E. (2018). Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Mahasiswa. Dipetik 06 26,2018, dari Jurnal Komunikasi Pendidikan, Volume 2 (1) : 11 - 19

Winkel. (2007). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.

Wiyoko, T & Aprizan, A. (2020). Analisis Profil Kemampuan Kognitif Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Indonesian Kuornal of Integrated Science Education. IAIN Bengkulu. E-ISSN. 2655-2450 P-ISSN. 1655-2388.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v5i1.3892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda