HAKIKAT SAINS (NATURE OF SCIENCE) DAN PERAN PENTINGNYA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Listiani Listiani

Abstract


Hakikat sains atau NOS memiliki peran penting dalam pembelajaran sains. Namun, NOS masih belum menjadi perhatian yang penting dalam kurikulum di Indonesia. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman guru dan siswa terkait NOS. Sementara itu, penelitian menunjukkan bahwa dengan memahami NOS dapat memudahkan peserta didik untuk memahami sains dari segi konsep maupun konteks. Hal ini dikarenakan dengan NOS, sains disajikan sebagai sebuah proses pencarian informasi, bukan sebagai sebuah produk. Hal lain yang penting bagi pembelajaran IPA terkait NOS adalah aspek–aspek yang terkandung di dalamnya. Aspek–aspek NOS seperti tentativeness, subjectivity, observation dan inference menunjukkan bahwa sains adalah sebuah proses pencarian ilmu pengetahuan. Dengan memahami sains sebagai sebuah proses, peserta didik juga dapat terhindar dari miskonsepsi atau kesalahan dalam memahami konsep–konsep sains. Oleh karena itu, penting untuk memahami tentang NOS dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran sains.


Full Text:

PDF

References


Abd-El-Khalick, F., Bell, R.L., dan Lederman, N.G. (1998). The Nature of Science and Instructional Practice: Making the Unnatural Natural. Science Education, 82, 417–436.

Annisa M. dan Listiani. (2017). Pemahaman Aspek-Aspek dalam Hakikat Sains (Nature of Science) oleh Guru Sekolah Dasar di Wilayah 4P (Pedalaman, Perbatasan, Perkotaan, dan Pesisir). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 1 (4) pp. 241-246.

Adi, Y.K. dan Widodo, A. (2018). Pemahaman Hakikat Sains Pada Guru Dan Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 10 (1). 55-72

Dewitt, Richard. Worldviews: An Introduction to the History and Philosophy of Science, Second Edition. Oxford: Blackwell Publishing Limited; 2010.

Eberbach, C. dan Crowley, K. (2009). From Everyday to Scientific Observation: How Children Learn to Observe the Biologist’s World. Review of Educational Research, 79 (1). 39-68

French, Steven. Philosophy of Science: Key Concepts 2nd Edition. New York: Bloomsbury Academic; 2016.

Hamer, A. dan Bradford, A. (2022). What is Law in Science. https://www.livescience.com/21457-what-is-a-law-in-science-definition-of-scientific-law.html

Kuhn, T. (1996) The Structure of Scientific Revolutions. 3rd. ed. University of Chicago Press: Chicago.

Listiani (2022). Scientific Literacy and Literacy in Science: Review Konsep dan Perannya dalam Pendidikan Sains. Prosiding Seminar Nasional SALINGDIDIK ke 9. Universitas Borneo Tarakan

McComas, W. F. (2004). Keys to teaching the nature of science. The Science Teacher, 71(9), 24-27.

McComas, W. F., Almazroa, H., & Clough, M. P. (1998). The Nature of Science in Science Education: An Introduction. Science & Education, 7(6), 511-532.

Mueller, S., dan Reiners, C.S. (2022). Pre‑service Chemistry Teachers’ Views about the Tentative and Durable Nature of Scientific Knowledge. Science and Education. https://doi.org/10.1007/s11191-022-00374-8

Muna, I, Rahayu, S., dan Marfu’ah, S. (2017). Pemahaman Hakikat Sains dan Inkuiri Ilmiah Calon Guru Kimia. Jurnal Pembelajaran Kimia, 2 (2). 15-22

Oviana, W. (2015). Pemahaman Hakekat Sains dan Aplikasinya dalam Proses Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Biotik. Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.

Popper, K. (1959). The logic of scientific discovery. Routledge.

Popper, K. R. (1963). Conjectures and refutations: The growth of scientific knowledge. Routledge.

Trefil, J. (2003). Introduction: The Nature of Science: An A-Z Guide to the Laws and Principles Governing Our Universe (p. vii-xxviii). Boston: Houghton Mifflin Harcourt; 1st edition.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v5i1.3903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda