MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI ERA MERDEKA BELAJAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING: SEBUAH KAJIAN LITERATUR

Uswatun Khasanah, Siswandari Siswandari, Tri Murwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui apakah model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di era merdeka  belajar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan  mengumpulkan data melalui berbagai sumber artikel ilmiah yang relevan  dengan topik penelitian. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis lebih  mendalam dan disajikan dalam tulisan ilmiah. Pencarian data jurnal dalam penelitian ini menggunakan data base Google Scholar dengan rentang waktu  tahun 2022. Berdasarkan pencarian jurnal yang telah dilakukan, ditemukan 15 jurnal yang relevan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa model discovery learning merupakan salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di era merdeka belajar.


Full Text:

PDF

References


Alfitry, S. (2020). Model Discovery learning Dan Pemberian Motivasi Dalam Pembelajaran (Ke-1). Guepedia The First On-Publisher in Indonesia. Simangunsong, A. D. (2020). The Effect of Discovery learning Model Using Concept Map and Computer Animation on Student Learning Outcomes in Hydrocarbon Material. … Journal of Education and Curriculum …, 3(2), 130–135.

Alimuddin, Mulbar, U., & Rahmadani. (2021). The Impact of Discovery learning with a Scientific Approach in Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1).

Alpian, Y., & Anggraeni, S.W. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia.Jurnal Buana Pengabdian, 1(1).

Anugeraheni, L. K. & I. (2020). Meta Analisis Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Education and Development, 8(4), 420–426.

Artawan, P. G. O., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 452. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29456

Ashfahani, A., Haryono, H., & Kustiono, K. (2020). The Effectiveness of Project Based Learning and Discovery learning with Modul to Improve Learning Outcome for AutoCAD Subject. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(2), 72–77.

Astutie, C. S. A. (2013). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 18 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).

Ayu, G. F. L., Koryati, D., & Jaenudin, R. (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 16 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 69–79. https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7876

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery learning Terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemic Covid 19

Canlı, S., & Demirtaş, H. (2017). The Impact of Globalization on Teaching Profession: The Global Teacher. Journal of Education and Training Studies, 6(1), 80.

Dewi, I. S., Sunariyati, S., & Neneng, L. (2014). Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri Se-Kota Palangka Raya. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 2(1).

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594

Fithriyah, R., Wibowo, S., & Octavia, R. U. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1907–1914.https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/894

Indah, N. (2019). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Nurul Qalam Makassar. Universitas Negeri Makasar, 20. http://eprints.unm.ac.id/12967/

Inde, K. H., Kaleka, M. B. U., & Ilyas, I. (2020). the Effect of Discovery learning Model on Learning Outcome of Grade-Vii Students of Smpn 5 Nangapanda. Journal of Science Education Research, 4(1), 11–14.

Kurniadi, A., Popoi, I., & Mahmud, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425

Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal kependidikan, 1(1), 150-168.

Mardin, H. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Negeri di Kota Palopo (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar). eprints.unm.ac.id

Marisa, S. (2019). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran Siswa Upaya Mengatasi Permasalahan Belajar. Jurnal Taushiah, 9(2), 20–27. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/article/view/1786.

Nurjanah, S., & Adman, A. (2018). Analisis Gaya Mengajar Guru Korespondensi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 18. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11760

Pasaribu, P. F., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Improvement Of Primary School Students Activeness And Outcome Using Discovery learning Model In Mathematics. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 52(2), 87–92.

Raehang. (2014). Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Al-Ta’dib, 7(1), 149–167. ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/249/239. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v7i1.249

Rahmat, H., & Jannatin, M. (2018). Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Jurusan PGMI, 10(2).

Ramadhani, A. A. (2021. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Discovery Learning Pada Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (1).

Rizqi, A. A., Yusmansyah, & Mayasari, S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar - The Factors That Influence Students ’ Learning Motivation. Jurnal FKIP Universitas, 6(2), 1–14.

Rubiana, E. P., & Dadi, D. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar IPA Siswa SMP Berbasis Pesantren. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4376

Rustamana, H. A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran berbasis Penyelidikan (Discovery learning) untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Abad - 21 Pada Mata Pelajaran Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Cinangka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 3(1), 139–154.

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.

Sandi, A. L., Amirudin, & Sitika, A. J. (2021). Peranan Gaya Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Daring Pendidikan Agama Islam di SDN Sindangmulya IV Cibarusah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 265–274.

Siregar, N. C., Rosli, R., & Maat, S. M. (2020). The effects of a discovery learning module on geometry for improving students’ mathematical reasoning skills, communication and self-confidence. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(3), 214–228.

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Sucia, V. (2017). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Komuniti: jurnal komunikasi dan teknologi informasi, 8(5), 112-126.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Belajar Mengajar (ke-21). PT.Remaja Rosdakarya

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Syamsul, S., Rahim, A., Syahriani, S., Mardin, H., & Alonemarera, A. S. (2021). Profil Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMAN di Kabupaten Sinjai. AL-AHYA: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 1-9. https://doi.org/10.24252/al-ahya.v3i2.22508

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v5i2.4881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda