EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 4 TARAKAN

Exnoni Sri Dayu, Fitri Wijarini, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design yaitu experiment semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Quipper School terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Serta Respon Siswa Terkait penggunaan Media pembelajaran Quipper School di SMPN 4 Tarakan. Desain penelitian yang digunakan adalah One Grorup Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SPMN 4 Tarakan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 4 Tarakan, dengan jumlah sampel 30 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Cluster random sampling. Instrument penelitian ini yaitu soal tes hasil belajar sistem pernapasan dan angket respon siswa dengan skala likert. Teknik analisis data hasil belajar yang digunakan yaitu analisis statistik inferansial parametris menggunakan paired sample t-test. Berdasarkan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikan 0.000 < 0.05 yang berarti Ha diterima, yakni penggunaan media pembelajaran Quipper School efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 4 Tarakan. Berdasarkan analisis angket respon siswa diperoleh nilai rata-rata persentase yaitu 80,29% yang berarti siswa memiliki respon positif terkait penggunaan media pembelajaran Quipper School.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Zuhudy B, et al. (2019). Keefektifan Media Quipper School terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMAN 1 Marioriwawo. Jurnal FMIPA Universitas Negeri Makasar. (Online)

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C. (2016). An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), pp.132-135

Diasputri, A., Nurhayati, S., & Sugiyo, W. (2013). Pengaruh Model pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Lembar Kerja Berstruktur Terhadap hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1).

Hubulo, Zakir. 2014. E-Learning Quipper School Indonesia. (Online)

Masriati Lingga, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Matematika SMP Negeri 4 Semarang. (online). (skripsi).

Rahmiati, D. P. (2018). Penggunaan Quipper School Melalui pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online).

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND, Bandung: Alfabeta.

Tussa Nurul, B. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Etika Profesi Kelas X Akuntansi 1 Di SMK Negeri 3 Bandung. Jurnal Universitas Pasundan Bandung. (Online)

Ulfa Nurhayani, et al. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi di SMK Negeri 7 Medan. Jurnal Akuntansi dan Perpajakan Indonesia UNIMED. Vol: 8, No: 2, 2020.

Waller, V. And Wilson, J. (2001). A definition for e-learning. The ODL QC Newsletter, pp. 1-2.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v5i2.4882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda