Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa melalui pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division). Pemahaman konsep sangat penting dalam pembelajaran. Pemahaman konsep membuat mahasiswa lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan. Metode pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep yang diajarkan adalah pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbasis Lesson Study (LS). Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan Lesson Study yang terdiri dari tahapan Plan, Do, See. Subjek dalam pembelajaran yaitu dosen, observer dan 18 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini setelah dilakukan uji statistik hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep dari pre-test ke post-test.
Full Text:
PDFReferences
Hasan, A. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Reading Map Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X IPA SMA Insan Cendekia Shalahudin Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Maritis,Yamin. (2013). Model, Metode, Strategi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Ramadhan, F, Mahanal, S & Zubaidah, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Biologi Remap STAD. Jurnal Pendidikan. 2 (5): 610-0115.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Slavin, R. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset, Dan Praktik. Bandung: Nusa media.
Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sumantri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Maulana.
Susilo, H. (2013). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik. Makalah disajikan dalam Seminar dan Lokakarya PLEASE 2013 di Sekolah Tinggi Theologi Aletheia Jalan Argopuro 28-34 Lawang, tanggal 9 Juli 2013.
Taniredja, T. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Wardhani. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v6i2.5368
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Person :
Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement
Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329
INDEXING BY: