PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UPSNAKES AND LADDERS PADA MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA KELAS X SMA/MA DI DAERAH PERBATASAN

Nilam Novianti, Endik Deni Nugroho, Silfia Ilma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran Pop-up Snakes and Ladders pada materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk kelas X SMA/MA di daerah perbatasan berdasarkan ahli materi, ahli media, ahli praktisi dan respon siswa. Penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  pengembangan  atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model 4-D (four D)  yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk. 1974. Model ini meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Namun dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan sampai tahap D yang ketiga, yaitu tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya.Hasil analisis validasi ahli materi diperoleh presentase sebesar 93,25% dengan kategori sangat layak. Analisis ahli media diperoleh presentase sebesar 83% dengan kategori sangat layak. Sedangkan ahli praktisi diperoleh presentase sebesar 88% dengan kategori sangat layak. Dari hasil analisis data secara keseluruhan, maka dapat disimpulkan media yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan media dengan tingkat kelayakan yaitu sangat layak sebagai media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Abrori, F. M., Yulida, R., Adhani, A., Wijarini, F., & Nugroho, E. D. (2016). Media Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: Genom

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Remaja Rosda Karya.

Anwar, Kasful dan Hendra Harmi. 2011. Perencanaan Sistem Belajar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Budiati, Herni. (2009). Biologi: untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Daryanto. (2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif: Teori dan Praktik dalam Pengembangan Profesionalisme bagi Guru. Jakarta: AV.

Daryanto dan Aris Dwicahyono. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media

Dewantari, Alit Ayu. (2014). Sekilas tentang Pop-Up, Flip the Flap and Movable Book. Tersedia pada online at http://dgi.or.id/read/observation/sekilas-tentang-pop-up-lift-the-flap-dan-movable-book.html. Didownload pada tanggal 03 April 2017.

Firzad, E.B.A. (2015). Pembuatan Ilustrasi Buku Pop-Up sebagai Media Pengenalan Huruf dan Nama-Nama Binatang pada Anak Usia Dini. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang (dipublikasikan).

Ibdah, Fatimah. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita. 3(1): 27-38

Ifadhah, H.T, Bahrudin, M., Dewanto, T.H. 2015. Penciptaan Buku Ilustrasi Berbasis Pop-Up tentang Cerita Rakyat Danau Kastoba Bawean Sebagai Upaya Memperkenalkan Produk Budaya Lokal bagi Anak-Anak. Jurnal Desain Komunikasi Visual. 4(2): 1-10

Ives, Rob. (2009). Paper Engineering & Pop-ups For Dummies. Indiana: Wisley Publishing.

Karimah, R.F., Supurwoko, Wahyuningsih, D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika. 2(1): 6-10

Lismayanti, M. Hamidah, A. Anggereini, E. (2016). Pengembangan Buku Pop-Up sebagai Media Pembelajaran pada Materi Crustacea untuk SMA Kelas X. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains. 18: 44-48

Miftah. M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN. 1(2): 95-105

Monica dan Luzar, L.C. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Jurnal HUMANIORA. 2(2): 1084-1096

Nurhaidha, Martica Nuary. (2016). Pengembangan Media “Woody Puzzle†Berbasis Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan, Tarakan (tidak dipublikasikan).

Nuronniyah, Nadlifatun. (2015). Pengembangan Permainan Ular Tangga (Snakes and Ladders) Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kelas XI di SMA Negeri 1 Demak Pada Materi Perang Melawan Keserakahan Kongsi Dagang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang (dipublikasikan).

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Puspitasari, Arum Talaria. (2015). Pengembangan Alat Peraga Miniatur pada Materi Ekosistem untuk Jenjang SMP/MTs Kelas VII di Kota Tarakan. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan, Tarakan (tidak dipublikasikan).

Ratminingsih, N.M. (2016). Efektifitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi. Jurnal Pendidikan Indonesia. 5(1): 714-724

Sangadji, E.M. dan Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru

Thiagarajan, S., Semmel, M.I., & Semmel, D.S..(1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Childern: A Sourcebook. Indiana: The Center for Innovation in Teaching the Handicapped (CITH).

Trianto, (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wulandari. (2015). Pengembangan Modul Berbentuk Pop-Up dan Smash Book Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMA Kesatrian 1 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang (dipublikasikan).

Yudha, Andi. (2010). Kenapa Guru Harus Kreatif?. Bandung: Mizan Pustaka

Yulianto, Nanang. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta (dipublikasikan).




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v1i1.960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda