PENELITIAN TINDAKAN KELAS BERBASIS LESSON STUDY : MODEL THINK PAIRSHARE BERBANTUAN MEDIA KOMIK PROTISTA UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR BIOLOGI

Fadhlan Muchlas Abrori, Yuni Krisnawati, Retna Ningsih, Usman Usman

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memecahkan permasalahan pada materi Protista melalui penerapan penelitian tindakan kelas (PTK) berbasis lesson study (LS). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui penerapan PTK berbasis LS berbantuan media komik protista. Hal yang diamati dalam penelitian berupa persentase keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa, serta hasil belajar siswa. Persentase keterlaksanaan pembelajaran oleh guru didapatkan kenaikan pada siklus satu  sebesar 70,5% dan siklus ke 4 sebesar 91,5%. Senada dengan hal itu, pada persenase keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa juga mengalami kenaikan dari siklus 1 sebesar 60,5%, dan siklus ke 4 sebesar 90,5. Terkait hasil belajar didapatkan nilai baik pada siklus terakhir sebesar 76,75 % dengan standar deviasi sebesar 4,06, dan persentase ketuntasan sebesar 90%.


Full Text:

PDF

References


Abrori, F. M. (2014). Analisis Taksimetri Tumbuhan Paku Suku Polypodiaceae di Daerah Cangar sebagai Buku Ajar Berbasis Komik untuk SMA. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Brooks, J. G., & Brooks, M. G. 1993. In search of understanding: The case for constructivistclassrooms. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Gunter, M. A., Estes, T. H., & Schwab, J. H. (1999). Instruction: A Models Approach, 3rd edition. Boston: Allyn & Bacon.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Data Uji Kompetensi Guru 2012-2015. Jakarta:Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan danKebudayaan.

King, F. J., Goodson, L., & Rohani, F. (1998). Higher order thinking skills: Definition, teaching strategies, assessment. Publication of the Educational Services Program, now known as the Center for Advancement of Learning and Assessment. Obtido de: www. cala. fsu. edu.

Lie, Anita. 2003. Cooperative learning Mempraktekan cooperative learning di ruang-ruang kelas.Jakarta: Gramedia Widiasana Indonesia.

Lyman, F. (1981). Strategies for Reading Comprehension Think Pair Share. Unpublished Paper. University of Maryland Paper. http://www. roe13. k12. il.

us/Services/KeriKorn/BDA/ThinkPairShare. Pdf. Diakses 12 Mei 2013

Marshall, J. C., & Horton, R. M. (2011). The relationship of teacherâ€facilitated, inquiryâ€based instruction to student higherâ€order thinking. School Science and Mathematics, 111(3), 93-101.

Noer, R. Z., & Abrori, F. M. (2018). Pengembangan Komik Pembelajaran pada Materi Bumi dan Alam Semesta untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas VI di SDN Utama 2 Tarakan dan SDN 17 Tarakan. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 59-69.

Prihantoro, R. (2011). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Model Lesson Study. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(1), 100-108.

Sabon, S. S. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru Yang Sudah dan Belum Disertifikasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 55-80

Stigler, J., & Hiebert, J. (1999). The teaching gap: Best ideas from the world’s teachers for improving education in the classroom. New York: Free Press.

Sudrajat, Akhmad. 2011. KemampuanMenganalisis Dalam Pembelajaran(Online). http://akhmadsudrajat.wordpress.com/. Diakses 13 Juni 2013

Sumini, T. (2017). Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru. Artikel Ilmiah. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta

Susilo, H. 2009. Penggabungan Lesson Study dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pemantapan Kemampuan Mengajar sebagai Upaya Memperkaya Pengalaman Mahasiswa Peserta Program Sertifikasi Guru dalam Jabatan melalui Jalur Pendidikan. Makalah disampaikan pada Workshop Pembimbingan dan Penilaian PKM Program Sertifikasi Guru Jalur Pendidikan oleh UPT PPL Universitas Negeri Malang pada 18 Maret 2009

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Waluyanto, H. D. (2006). Komik sebagai media komunikasi visual pembelajaran. Nirmana, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v1i1.966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda