ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ROTI ISI KRIM DURIAN (JORDAN BAKERY) DI DESA RANTAU SIALANG KECAMATAN SUNGAI KERUH

Ellisyah Mindari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penarikan sampel yang peneliti lakukan dengan menggunakan rumus slovin. Sampel dalam penelitian ini adalah warga Desa Rantau Sialang dengan jumlah responden sebanyak 97 orang. Metode analisis dengan menggunakan alat analisis dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung (146,337) > Ftabel (2,471) dan nilai signifikan 0,000. Selanjutnya berdasarkan hasil uji t untuk variabel faktor budaya (X1) diperoleh nilai thitung (-0,119) < nilai ttabel (-1,985), nilai signifikan t sebesar 0,905 > nilai α (0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor budaya (X1) secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sementara itu, variabel faktor sosial (X2) diperoleh nilai thitung (4,771) > nilai ttabel (1,985) dan nilai signifikan t sebesar 0,000 < nilai α (0,05); variabel faktor pribadi (X3) diperoleh nilai thitung (10,631) > nilai ttabel (1,985) dan nilai signifikan t sebesar 0,000 < nilai α (0,05); variabel faktor psikologis (X4) diperoleh nilai thitung (-2,713) > nilai ttabel (-1,985) dan nilai signifikan t sebesar 0,008 < nilai α (0,05).  Dengan hasil tersebut berarti bahwa faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3) dan faktor psikologis (X4) secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).

 

Kata kunci: Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis dan Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v11i2.1437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ekonomika



Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Cool Text: Logo and Graphics Generator