PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA TUTOR DI UPBJJ TARAKAN DITINJAU DARI FAKTOR PENGHASILAN, KEAMANAN KERJA, KONDISI KERJA DAN FASILITAS

Andre Suandi Simbolon, Anton Robiansyah, Andi Lopa Ginting, Steviani Batti

Abstract


Tutorial merupakan salah satu bentuk layanan akademik Universitas Terbuka untuk membantu mahasiswa dalam proses belajarnya. Kinerja tutor mencerminkan rasa tanggung jawab dalam menyelenggarakan tugas yang diberikan, yang tentunya akan mendorong gairah kerja, semangat kerja, dan motivasi kerja serta kepuasan kerja. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada responden yang berupa google form dan pertanyaan secara tertulis untuk mendapatkan data untuk diproses. Sehingga sumber data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan yang berpengaruh terhadap kinerja tutor adalah kepuasan kerja.


Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2011). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Education.

As‟ad, M, 2003, Psikologi Industri, Edisi Keempat, Yogyakarta:Liberty.

Celluci, Anthony J, and David L. De Vries. (1978). Measuring Managerial Satisfaction: A Manual for the MJSQ, Technical Report II (Center for Creative Leadership).

Ghozali, I. (2009). Ekonometrika: teori, konsep dan aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, H. (2008). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Mathis, R. dan Jackson, W. (2006). Human Resources Development. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kreitner. (2005). Perilaku Organisasi. In E. Kelima. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Robert L. Mathis dan John H. Jackson. 2006. Human Resource Management, Jakarta:Selemba Empat.

Robbins, Stephen P., & Judge, Timothy A. (2009). Perilaku Organisasi (Edisi 12). Diterjemahkan oleh Angelica, Diana, Cahyani, Ria, Rosyid dan Abdul. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiran, Daulay, dkk .(2016). Evaluasi Tutor Online untuk Meningkatkan Kualitas, Layanan Tutorial Tatap Muka pada Pendidikan Jarak Jauh. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence Vol. 2, No. 1, April 2016

Wirawan, 2009, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Teori, Aplikasi, dan Penelitian, Jakarta:Salemba Empat.

Yamin, M. dan Maisah, 2010, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada (GP Press).

Yunus, Mohamad. (2007). Dasar-dasar Motivasi Kerja. Jakarta: Penerbit

Universitas




DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v12i1.1726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ekonomika



Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License