PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGINAP DI HOTEL PELANGI SEKAYU

Ellisyah Mindari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen menginap, baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menginap di Hotel Pelangi Sekayu. Sampel penelitian ini mempedomani saran Roscoe dalam melakukan analisis regresi ganda, maka jumlah anggota sampel minimal 10 kali dari jumlah variabel, yaitu 10 kali 8 variabel, artinya 80 responden. Metode analisis menggunakan alat analisis dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 24.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan bauran pemasaran jasa secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen menginap dengan nilai Fhitung (47,862) > Ftabel (2,140) dan nilai Sig F (0,000) < α (0,05).  Kemudian berdasarkan hasil uji t, tidak ada pengaruh yang signifikan variabel produk jasa terhadap keputusan menginap. Keputusan menginap di Hotel Pelangi Sekayu dipengaruhi secara signifikan oleh variabel tarif jasa, promosi, lokasi, orang, proses dan sarana fisik.

Kata kunci: Bauran Pemasaran Jasa dan Keputusan Konsumen

This study aims to analyze the effect of the services marketing mix consumer’s decision to stay, either partially or collectively. The population in this study are consumers at Pelangi Hotel Sekayu. The sample of this research is based on Roscoe's suggestion in conducting multiple regression analysis, so the number of sample members is at least 10 times the number of variables, namely 10 times 8 variables, meaning 80 respondents. The analysis method uses analytical tools with the help of the IBM SPSS Statistic 24 Program. The results conclude that there is a positive and significant effect of the services marketing mix together on consumer decisions to stay with the value of Fcount (47.862)> Ftable (2.140) and the Sig F ( 0.000) < α (0.05). Then based on the results of the t test, there is no significant effect of service product variables on the decision to stay. The decision to stay at Pelangi Hotel Sekayu is significantly influenced by the variable price, promotion, service location, people, processes, and physical evidence.

Keywords: Services Marketing Mix and Consumer Decisions



Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin & Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Satu Nusa, Bandung.

Hasan, M. Iqbal. 2013. Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). PT. Bumi Aksara, Jakarta:

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing (14th ed). Prentice Hall, New Jrsey.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management (14th ed). Prentice Hall, New Jersey.

Kuncoro, Mudrajad. 2013. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 4). Erlangga, Jakarta.

Machali, Imam. 2015. Statistik itu Mudah, Menggunakan SPSS sebagai Alat Bantu Statistik. Lembaga Lada Kata, Yogyakarta.

McClave, James T., P. George Bendon & Terry Sincich. 2011. Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi (Edisi Kesebelas, Jilid 1). Erlangga, Jakarta.

Iqbal, Muhammad. 2020. Pengaruh Faktor-faktor Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Konsumen untuk Menginap di Hotel Bintang Lima Kota Palembang. Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPro), Vol. 1 No. 2, 145-162.

Peter, J. Paul & Jerry C. Olson. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Edisi 9, Buku 1). Salemba Empat, Jakarta.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. PT. Buku Seru, Jakarta.

Rawi, Qushairi dan Budhi Satrio. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Menginap di Hotel Andita Syariah Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), Vol. 8, No. 7, 1-17.

Pratiwi, Ratih dan Moh. Irfan Latif. 2020. Sharia Marketing Mix terhadap Minat Menginap Kembali di Hotel Grasia Semarang. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Vol. 8, No. 1, 27-33.

Sahabuddin, Romansyah. 2019. Manajemen Pemasaran Jasa: Upaya untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah pada Industri Perbankan. Pustaka Taman Ilmu, Gowa.

Sekaran, Uma & Roger Bougie. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis (Edisi 6, Buku 2). Salemba Empat, Jakarta.

Sinambela, Lijan Poltak. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan Publik, Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Edisi Kedua, Cetakan ke-1). Alfabeta, Bandung.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Edisi Kedua, Cetakan Kedua). Ghalia Indonesia, Bogor.

______________. 2019. Analisis Perilaku Konsumen dengan Statistik Univariate. Riset Pemasaran dan Konsumen (13-48). IPB Press, Bogor.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Metodologi Penelitian. PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi Pemasaran (Edisi 4). Andi, Yogyakarta.

Wulansari, Ajeng Septiana. 2020. Kebijakan Produk dan Harga. Pengantar Bisnis (163-182). Widina Bhakti Persada, Bandung.

Yuningsih, Erni dan Endang Silaningsih. 2020. Manajemen Bisnis dan Inovasi. Widina Bhakti Persada, Bandung.

Zikmund, William G. & Barry J. Babin. 2011. Menjelajahi Riset Pemasaran (Edisi 10, Buku 1). Salemba Empat, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v12i1.1753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ekonomika



Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License