Analisis Niat Bertransaksi Secara Online di Kalangan Mahasiswa Kota Tarakan: Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)

Syahran Syahran, Rahmi Nur Islami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman, persepi kegunaan, persepsi kemudahan dan sikap terhadap niat bertransaksi secara online (studi kasus pada mahasiswa di kota Tarakan). Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survey, cara mengumpulkan data dengan menggunakan kuisioner. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik pengumpulan sampel purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa dikota Tarakan yang berniat melakukan transaksi online dengan jumlah sampel sebanyak 350 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS ver.3). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pengalaman, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat bertransaksi secara online


Keywords


Experience, Utilization, Easiness, Attitude, Intention

Full Text:

PDF

References


Al-Somali, S.A, Gholami, R., And Clegg, B. 2008. An Investigation Into The Acceptance Of Online Banking In Saudi Arabia. Technovation, Vol. 29, Pp. 130 141.

Amal, K., & Hafasnuddin. (2017). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Niat Pembelian Online Dengan Persepsi Nilai Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Blibli.Com Di Kota Banda Aceh). Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(1), 252–266.

Amalia, S. N. A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Individu Terhadap Financial Technology Syariah Paytren Sebagai Salah Satu Alat Transaksi Pembayaran: Pendekatantechnology Acceptance Model Dan Theory Of Planned Behavior. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 9(1), 65–79.

Ambar Wahyuningsih, Sri. 2019. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan Dan Risiko Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Nasabah BNI Syariah Yogyakarta)

Amilia, E., & Sari, S. P. (2020). Pendekatan Theory Rasoned Action TRA) Dan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Minat Transaksi Menggunakan E-Money. Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Era 4.0, 6(2), 163–172.

Ananda Sabil, H. (2015). Penelitian Bisnis Dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS) Dengan Smart PLS 3.0, Modul Ajar Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya

Bahri, Syaiful. (2018). Metode Penelitian Bisnis - Lengkap Dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Andi: Yogyakarta.

Bahri, Syaiful. (2018). Metode Penelitian Bisnis - Lengkap Dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Andi: Yogyakarta.

Bhilawa, L. (2010). Analisis Penerimaan Mobile Banking Dengan Pengalaman Sebagai Variabel Eksternal Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model. 1–73.

Burhanuddin. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kenyamanan Berbelanja Online Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Niat Pembelian Ulang Zalora Indonesia.

Candraditya, & Idris. (2013). Analisis Penggunaan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Produk Flazz BCA Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Diponegoro).

Claudia, D. K. (2020). Pengaruh Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Niat Beli Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan).

Debbie, Larasati. (2020). The Female Student Chases In E-Money In Indonesian Online Shopping; The Technology Acceptance Model (TAM) Approach.

Indra Prastiawan, D. (2021). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Social Influence Terhadap Use Mobile Banking Melalui Mediasi Attitude Towards Use.

Irmadhani, & Adhi, N. M. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Keamanan, Kepercayaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 1–20.

R. Mirzha, Widiartanto, & P. Bulan. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Penggunaan Layanan Internet Banking (Studo Komparasi Pada Nasabah Pengguna Internet Banking Bank Mandiri Semarang Berdasarkan Tingkat Pendapatan).

Musianto, Lukas. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dan Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian.

Nazar, Rafki, & Syahran. (2008). Pengaruh Privasi, Keamanan, Kepercayaan Dan Pengalaman Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Secara Online. SNA XI.

Ni Putu Wulan Widasari, I Made Wardana, P. Y. S. (2018). Pendekatan Tamdalam Layanan Go-Massage Pada Aplikasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali.

Pratiwi, S. (2018). TAM Dan Persepsi Risiko Pada Perilaku Konsumsi Menggunakan Aplikasi Mobile.

Putu Devi Sandra. D, & I Wayan Santika. (2018). Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Niat Beli Ulang Online Di Kota Denpasar.

Rahmatika, U., & Fajar, M. A. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money: Integrasi Model TAM – TPB Dengan Perceived Risk. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(2), 274–284.

Rahmawaty, Anita. (2007). Model Perilaku Penerimaan Internet Banking Di Bank Syari'ah: Peran Motivasi Spiritual.

Rangkuti, F. (2015). Personal SWOT Analysis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

R. Sularso Andi. (2012). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Sikap Dan Niat Pembelian Online (Studi Kasus Pada Pembelian Batik Di Jawa Timur).

Rizqiyanto, S. (2010). Analisis Technology Acceptance Model Pada Pengguna Electronic Banking Di Lingkungan Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sulistiyarini, Suci. (2013). Pengaruh Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile Banking: Model Kombinasi Technology Acceptance Model (TAM) Dan Theory Of Planned Behavior (TPB). Sarjana Thesis, Universitas Brawijaya.

Suprapti. W. (2010). Perilaku Konsumeen Pemahaman Dasar Dan Aplikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Bali: Udayana University Press.

Theodora Stefani, H. (2021). Penerimaan Mobile Banking Dengan Kerumitan Dan Pengalaman Sebagai Pengembangan Model Technology Acceptance Model. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Tirtana, & Sari. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking.

Tjini, & Baridwan. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking. Jurnal Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang.




DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v15i02.5330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahmi Nur Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Cool Text: Logo and Graphics Generator