ANALISIS JENIS-JENIS MANGROVE DI PULAU KAKABAN, KP. PAYUNG-PAYUNG, KECAMATAN MARATUA, KABUPATEN BERAU, KALIMANTAN TIMUR

Rani Rani, Sarmansyah Sarmansyah, Iin Ridwan

Abstract


Mangrove memiliki signifikansi yang besar bagi kehidupan di daerah pesisir. Vegetasi ini memiliki peran yang penting dalam melindungi pantai dan menjaga keanekaragaman hayati melalui ekosistem mangrove. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami sebaran mangrove di Pulau Kakaban, Kepulauan Payung-Payung, Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan teknik jelajah. Hasil penelitian menunjukkan adanya empat jenis mangrove yang dapat diamati di Danau Kakaban, yaitu Avicennia alba, Bruguiera gimnorrhiza, Ceriop decandra, dan Sonneratia alba. Analisis dilakukan melalui metode survei dengan teknik jelajah, di mana lokasi penelitian dijelajahi, sampel diambil, dan dokumentasi dilakukan. Lokasi ini merupakan daerah yang banyak dihuni oleh pohon mangrove dengan substrat berlumpur dan sedikit berpasir. Selain mempelajari vegetasi mangrove, penelitian ini juga melakukan pengukuran salinitas (kadar garam) dan pH (derajat keasaman) perairan di Pulau Kakaban. Nilai pH berada dalam rentang yang dapat ditoleransi oleh pertumbuhan mangrove, yaitu sekitar 5,0-8,0. Nilai pH air merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas perairan. Selain itu, salinitas perairan mencapai 32%, kondisi ini sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan mangrove. Komposisi substrat yang didominasi oleh lumpur juga memberikan nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan optimal tanaman mangrove jika dibandingkan dengan komposisi substrat berpasir.

Kata Kunci: Kabupaten Berau, Kepulauan Kakaban, Parameter, Vegetasi Mangrove.


Full Text:

PDF

References


Anonim. (2009). Hutan Mangrove Dan Luasnya di Indonesia. http://A.R. As-Syakur.htm. Diakses tanggal 09 November 2019.

Bengen, D. G. (2001). Pedoman Teknis Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. Bogor: Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir Laut IPB.

Danisworo, T. (1997). Penyebaran dan Tempat Tumbuh Jenis-Jenis Tanaman Mangrove serta Sifat-Sifat Pohonnya. Brebes: Balai Rehabilitasi Lahan Dan Konservasi Tanah.

Onrizal. (2008). Panduan Pengenalan dan Analisis Vegetasi Hutan Mangrove. Sumatra: Universitas Sumatra Utara.

Gunarto. (2004). Konservasi Mangrove sebagai Pendukung Sumber Hayati Perikanan Pantai. Jurnal Litbang Pertanian, 23(1), 15-21.

Noor, Y. R., Khazali, M., & Suryadiputra, N. N. (2006). Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. Wetlands International Indonesia Program. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v5i1.1186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda