LESSON STUDY MELALUI MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MIND MAP DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN KELAS XI MIA 2 MAN TARAKAN

Sudarsih Sudarsih, Zulfadli Zulfadli, Endiik Deni Nugroho

Abstract


Penelitian ini memiliki 2 tujuan, yaitu: 1) Meningkatkan kompetensi pedagogik guru dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantu mind map melalui Lesson Study; dan 2) Meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantu mind map melalui Lesson Study. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas berbasis Lesson Study. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, lembar kuisioner, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantu mind map melalui lesson study dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan hasil belajar peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Aris, S.. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalamKurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Aunnurahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung :Alfabeta.

Buzan, T. (2010). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT Gramedia.

Daryanto & Muljo, R. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Garfield, J. (2006). Exploring the Impact of Lesson Study on Developing Effective Statistics Curriculum. University of Minnesota

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2013). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer Science & Business Media.

Kunandar. (2010). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.

Mulyasa, E. (2011). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Prayitno, T. A., & Hidayati, N. (2016). Penerapan Lesson Study pada Kegiatan Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Bioedukasi UNS, 9(1), 51-56.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susilo, H., Husnul, C., Ridwan, J., & Jumiati, Y. (2009). Lesson study berbasis sekolah: Guru konservatif menuju guru inovatif. Malang: Bayumedia.

Sarasati, S. (2015) . Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Menggunakan Metode Mind Map Kelas X A MAN Lab UIN Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Sugiarti, N. (2015) Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Materi Sistem Imun Dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mia 1 Sma Negeri 1 Prambanan Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta

Suparlan. (2008). Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Hikaya Publishing.

Suprapti. (2014). Pengalaman Berharga dari Lesson Study bagi Guru-guru IPA di Kabupaten Subang. Proceding Become Reflective Educators and Professionals of Learning. Bandung: WALS International Conference.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran teori & aplikasi. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

Syaiful, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v1i2.1619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement

Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda