PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP SIKAP SOSIAL PADA MATA PELAJARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TARAKAN

Nurasiah Nurasiah, Ibrahim Ibrahim, Ermawaty Maradhy

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap sikap sosial. Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Desember  2015 di SMPN 2 Tarakan.  Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VIII dan sampel sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilai diri.  Data dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test  dan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan sofiware SPSS 16 for Windows. Hasil uji-t sikap sosial diperoleh thitung 2,045  lebih besar dari  ttable (1,671). Hasil uji  regresi linear sederhana menunjukan bahwa aktivitas probing-prompting berpengaruh  positif terhadap sikap sosial siswa dengan kontribusi sebesar 12,0%. 

 

Kata kunci

Probing-Prompting, Sikap Sosial

 

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta. Bumi Aksara,

Hamalik, O. (2012). Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Hartono. (2012). Statistik untuk Penelitian. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Hartono, R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah diterima Murid. DIVA Press, Jogjakarta.

Haryati, M. (2013). Model Dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Penerbit Referensi, Jakarta.

Hasan, I. (2009). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Kurinasih, I. & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan¬. Kata Pena, Surabaya.

Lutfiana, N. (2019). Efektivitas model pembelajaran probing prompting terhadap penguasaan konsep ditinjau dari perbedaan gender pada mata pelajaran IPA (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Nurjannah, S. 2013. Efektivitas Model Pembelajran Course Review Horay dan Probing-Prompting Berbasis The Power Two Berbantu CD Interaktif Di Tinjau Dari Hasil Belajar Dan Jenis Kelamin. Skripsi. Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam IKIP PGRI Semarang.

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. TARSITO, Bandung.

Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian.

Permendikbud RI No. 81A Tahun 2013 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum.

Santiningtyas, K., Prasetyo, A. P. B., & Priyono, B. (2012). Pengaruh Outdoor Learning Berbasis Inkuiri terhadap Hasil belajar Materi Ekosistem. Unnes Journal of Biology Education, 1(2), 91-98.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta, Bandung.

Suhendra, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Menggunakan Media Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. Skripsi.Universitas Negeri Medan.

Sulistyo, J. (2011). Enam Hari Jago Spss 17. Cakrawala, Jogjakarta.

Swarjawa, I. W. E., Suarjana, M., & Garminah, N. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sebatu. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Utami, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Pembelajaran Mengabstraksi Teks Negosiasi pada Siswa Kelas X SMA/MA. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2).

Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L., & Sigit, D. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v1i2.1732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement

Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda