PENGARUH PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR

Kadek Dewi Wahyuni Andari, Kartini Kartini, Degi Alrinda Agustina, Niar Febriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pembelajaran Saintifik Terhadap Keterampilan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020. Dengan populasi siswa kelas III SDN 006 Tarakan dan sampel yang terdiri dari satu kelas yaitu kelas III A yang diberikan perlakuan. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukan hasil korelasi pengaruh penerapan pembelajaran literasi sains berbasis saintifik terhadap keterampilan literasi sains siswa sekolah dasar dengan hasil korelasi sebesar 0,644; koefisien determinasi sebesar 41,5%; dan pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung>ttable sebesar 4,129. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran literasi sains berbasis saintifik terhadap keterampilan literasi sains siswa Kelas III SD Negeri 006 Tarakan.

 

Kata kunci

Pembelajaran Saintifik, Literasi Sains


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2016. Desain sistem pembelajaran. Yogyakarta. Prama Ilmu

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian (Satuan Pendekatan Praktik). Jakarta: PT. Renika cipta.

Asyhari, Ardian dan Hartati Risa. 2015. Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biru 04 (2): 179-191.

Dimyanti dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Jaka, Afriana dan Permanasari Anna. 2016. Penerapan Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Di Tinjau Dari Gender. Jurnal Pendidikan IPA. Vol 2 (2).

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpad. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Martono, Nanang. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif (Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Martono, Nanang. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif (Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Nindya, Faradina. 2017. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Siswa Terhadap Minat Baca Siswa Di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Klaten. Jurnal Hanata Widya. Vol 6 (8).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Pratiwi, Selvina Dwi. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pmebelajran Saintifik Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas IV. Skripsi. Universitas Lampung.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Pustaka.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif (Di Lengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Siregar, Syofian. 2014. Statistika Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelejaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenanda Media Group.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Dirjen Dikti Depdiknas.

Abidin, Y. (2009). Guru dan Pembelajaran Bermut. Bandung: Rizqi Press.

Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Andari, K. D. ((2012)). Pengaruh Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Berbasis Kearifan Lokal dan Seting Kooperatif terhadap hasil Belajar IPA Siswa SD Tahun Ajaran 2009/2010. LAMPUHYANG, 3(1), 32-47.

Kusumastuti, R. P. ((2019)). Pengaruh Keterampilan Berpikir Krtis Terhadap Literasi Sains Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 254-261.

Oktaviani, D. A. ((2020)). PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN BACA PINTAR BERBASIS LITERASI SAINS DI SDN 011 TARAKAN. Jurnal Pena Karakter (Jurnal Pendidikan Anak dan Karakter), 2(2), 1-7.

Situmorang, R. P. ((2016)). Integrasi literasi sains peserta didik dalam pembelajaran sains. Satya Widya, 32(1), 49-56.

Winarni, E. W. ((2019)). IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SAINS BERBASIS ICT DI SD NEGERI 07 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, , 17(2).

Yosef Firman Narut, &. S. ((2019)). LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI INDONESIA. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61-69.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v2i2.1752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement

Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda