PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PADA MATERI ANATOMI TUMBUHAN FAMILI SOLANACEAE

Parada Agus, Endik Deni Nugroho, Darius Rupa, Zulfadli Zulfadli

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  struktur  anatomi  tumbuhan famili  Solanaceae  serta  menghasilkan  produk  berupa  lembar  kegiatan  siswa (LKS) yang layak digunakan. Jenis penelitian yaitu Research and Development (R&D) menggunakan  model  pengembangan  Borg  &  Gall  (1983)  yang hanya dilakukan sampai tahap kelima. Hasil penelitianan atomi menunjukkan bahwa jaringan penyususn akar, batang, dan daun tumbuhan  famili Solanaceae (P. angulata, C. annuum, S. melongena, S. torvum, dan S. lycopersicum) relatif sama. Akar tersusun atas jaringan epidermis, korteks, dan jaringan vaskular. Batang tersusun dari jaringan epidermis, jaringan dasar, jaringan penguat, dan jaringan pengangkut. Namun, pada batangC. Annuum terdapat trikoma multi seriata. Pada batang S. torvum,S. melongena dan S. lycopersicum terdapat sel idioblas, trikoma stellata, dan trikoma kapitata. Daun tersusun dari jaringan epidermis, palisade, dan bunga karang. Pada daun P. angulata terdapat stomata, sel idioblas yang berisi kristal druss dan trikoma kapitata. Pada daun C. annuum terdapat stomata, sel idioblas yang berisi Kristal drus, trikoma multiseriata dan trikoma multiseluler. Pada daun S. melongena  dan  S.  torvum  terdapat  trikoma  stellata  dan  trikoma  kapitata. Sedangkan daun S. lycopersicum terdapat stomata, trikoma kapitata, dan trikoma uniseriata. Hasil penelitian berupa pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) mendapatkan nilai validasi dari ahli media dengan  persentase 91,76% (sangat layak) dan ahli materi 72,22% (layak) serta persentase dari uji respon guru sebesar 80% (menarik) dan siswa sebesar 82,32% (sangat menarik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa lembar kegiatan siswa (LKS) struktur dan fungsi jaringan tumbuhan famili Solanaceae layak untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa SMA kelas XI IPA.

Kata Kunci: Anatomi, Solanaceae, Lembar Kegiatan Siswa (LKS).

Abstract

This study aims to determine the anatomical structure of the Solanaceae family of plants and produce a product in students' worksheets. The type of research, namely Research and Development (R&D) using the Borg & Gall (1983) development model, was only carried out until the fifth stage. The results of the atomic study showed that the tissues that made up the roots, stems, and leaves of the Solanaceae family (P. angulata, C. annuum, S. melongena, S. torvum, and S. lycopersicum) were relatively the same. Roots are composed of epidermal tissue, cortex, and  vascular tissue.  The stem is composed of epidermal tissue, ground tissue, reinforcing  tissue,   and   transport    tissue.   However,  in stem  C. Annuum has multi seriata. On stems of S. torvum, S. melongena, and S. lycopersicum contained idioblast cells, stellate trichomes, and capitate trichomes. Leaves are composed of epidermal tissue, palisade, and sponges. In the leaves of P. angulata, there are stomata, idioblast cells containing druss crystals, and trichomes capitata.  On the leaves of C. annuum, there are stomata, idioblast cells containing drus crystals, multiseriata trichomes, and multicellular trichomes.  The leaves of S. melongena and S. torvum contained stellate trichomes and capitata trichomes. In contrast, the leaves of S. lycopersicum contained stomata, trichome capitata, and uniseriata trichomes. The results of the study in the form of the development of student activity sheets (LKS) received validation scores from media experts with a percentage of 91.76% (very feasible) and material experts 72.22% (adequate), and the percentage of teacher response tests was 80% (interesting) and students by 82.32% (very interesting). So, it can be concluded that the student activity sheet (LKS) of the structure and function of the plant tissue of the Solanaceae family is feasible to be used as a learning resource for high school students in class XI science.

Keywords: Anatomy, Solanacea, Students’ Worksheets


Full Text:

PDF

References


Akbar. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Allobua, N. (2018). Pengembangan Majalah Sins Berbasis Riset pada Tanaman Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr.) Sebagai Sumber Belajar Mandiri Bagi Siswa SMA/MA. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.

Borg WR & Gall MD. (1983). Educational research. An introduction. White Plain, N.Y.: Longman, Inc.

Campbell, N.A. & Reece, J.B. (2012). Biologi Edisi Kedelapan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Dewi, V. P., Hindun, I., & Wahyuni, S. (2015). Studi Trikoma Daun Pada Famili Solanaceae Sebagai Sumber Belajar Biologi. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(2).

Dorly, D., Wiryo, B. A., Nurfaizah, I., & Nidyasari, R. S. (2015). Secretory Structure and Histochemistry Tests of Asteraceae Family Members of Medicinal Plants in Walat Mountain Educational Forest. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 667-673).

Gontova, T. N., & Zatylnikova, O. A. (2013). Comparative morphologival and anatomical study of leaves and stem of Iris Pseudocorus and Iris Sibirica. Int J Biol Pharm Allied Sci, 5(3), 574-8.

Latifa, R. (2015). Peningkatkan Kualitas Preparat Histologi Berbasis Kegiatan Praktikum Di Laboratorium Biologi. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015. Malang.

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Makbul, S., Türkmen, Z. A. F. E. R., Coskunçelebi, K. A. M. I. L., & Beyazoglu, O. (2008). Anatomical and pollen characters in the genus Epilobium L.(Onagraceae) from Northeast Anatolia. Acta Biologica Cracoviensia Series Botanica, 50(1), 51-62.

Najmaddin, C., Hussin, K., & Maideen, H. (2011). Comparative study on the anatomy and palynology of the three variety of Vitis vinifera varity (family Vitaceae). African Journal of Biotechnology, 10(74), 16849-16853.

Prastowo A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Prihansyah. (2016). Struktur Anatomi dan Fitokimia Tanaman Obat Sungkai (Peronema canescens Jack) dan Prospeknya dalam Pengembangan Petunjuk Praktikum Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelsa XI. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.

Rupa D. (2015). Identifikasi Struktur Sekretori dan Analisis Histokimia Serta Fitokimia Tumbuhan Obat Anti-Infeksi di Kawasan Taman Nasional Bukit Daubelas Jambi. Tesis. Institut Pertanian Bogor.

Rupa, D., Alfianur, A., Adhani, A., & Zulfadli, Z. (2017). Secretory Structures, Histochemical and Phytochemical Compounds in the Physialis angulate Leaves (Solanaceae) as a Prospect of Medicinal Development. Proceedings of 79th IASTEM International Conference, 6-7 October 2017. Tokyo, Japan.

Salurapa, A. (2018). Pengembangan Buku Referensi Berdasarkan Histokimia dan Uji Aktivitas Antibakteri dari Ekstrak Akar Polygala paniculata L. Terhadap Bakteri Patogen. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.

St-Pierre, B., Vazquez-Flota, F. A., & De Luca, V. (1999). Multicellular compartmentation of Catharanthus roseus alkaloid biosynthesis predicts intercellular translocation of a pathway intermediate. The Plant Cell, 11(5), 887-900.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman A. (2018). Pengembangan Majalah Sains Berbasis Riset Berdasarkan SkriningTumbuhan Obat dan Pemanfaatannya sebagai Sumber Belajar Mandiri bagi Siswa SMA/MA. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.

Tihurua, E. F., Astuti, I. P., & Rugayah, R. (2012). ANATOMI HELAIAN DAUN MURRAYA SPP.(RUTACEAE) DI JAWA. Berita Biologi, 11(3), 411-419.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v3i2.2329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement

Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda