PENGENALAN ISU SOSIAL SAINS MATERI ZAT ADITIF PADA SISWA MELALUI KOMIK DIGITAL BERBASIS PLATFORM INSTAGRAM

Nurlia Haerunisa, Fadhlan Muchlas Abrori, Fitri Wijarini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Komik Digital berbasis Platform Instagram pada materi zat aditif pada makanan untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Tarakan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan metode DBR (Design Based Research ) model Reeves . Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 2 Tarakan yang berjumlah 29 siswa. Keseluruhan data diperoleh berdasarkan skor dari angket penilaian ahli media, ahli materi, angket repon guru dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas komik digital berbasis platform Instagram pada materi zat aditif pada makanan berdasarkan penilaian ahli media meperoleh hasil rata-rata skor sesbesar 80 % ( Kategori Layak ), penilaain ahli materi memperoleh hasil rata-rata skor sebesar 82,5 % ( Kategori Sangat Layak), respon ngket guru memperoleh hasil rata-rata 89 % ( kategori sangat layak ) , respon siswa berdasarkan hasil uji coba skala kecil 88,9 % ( kategori sangat layak ), dan respon siswa berdasarkan hasil uji coba skala besar memperoleh rata-rata skor sebesar 95,3 % (kategori sangat layak).

Kata kunci

Komik Digital, Isu Sosial Sains, Platform Instagram, Zat Aditif


Full Text:

PDF

References


A.W. Subiantoro, N.A. Ariyanti, Sulistyo. 2013. Pembelajaran Materi Ekosistem Dengan Socio-Scientific Issues Dan Pengaruhnya Terhadap Reflective Judgment Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 41-47

Andriyani, Putri, Masriano, Rini Muharini. 2019. Pemanfaatan Tumbuhan Sebagai Zat Aditif Makanan Oleh Masyarakat Desa Rasau Jaya Umum Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA. 10 (1) .74-87

Aqhninna, Finna. 2018. SEKREKOM: Media Pembelajaran Komik Online Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Kearsipan SMK Batik 2 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran (SNPAP) 2018

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aziz, M. (2020). Pengembangan media gambar 3D berbasis problem base learning (PBL) pada materi hukum newton (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Enawaty, Eny., Hilma, Sari. 2010. Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pontianak Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 1(1), 24-36.

Indriyani, L. (2019, May). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 17-26).

Juariah, Siti, Irwandani. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-BiRuNi’ . 5(1) , 33-42

Lazarusli, B., Ginting, R., Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2015). Pengembangan model pembelajaran pendidikan karakter melalui e-comic di sekolah dasar ditinjau keefektivannya. Aksioma, 4(2), 136-140.

Maknun, D. (2014). Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan literasi sains dan kualitas argumentasi siswa pondok pesantren daarul uluum pui majalengka pada diskusi sosiosaintifik IPA. Jurnal Tarbiyah, 21(1).

McNeill, K.L. (2009). “Teachers’ Use of Curriculum to Support Students in Writing Scientific Arguments to Explain Phenomena’. Journal of Science Education. 93: 223-268.

Newton, Mark H., Dana L, Zeidler. 2020. Developing Socioscientific Perspective Taking.

International Journal of science Education.

Nurkhalisyah, Cahyana, Marlini. 2018. Pembuatan Buku Komik Panduan Perpustakaan Di Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan . 7(1), 9 – 18.

Pramadi, I, Putu, Wina, Yasa., I, Wayan, Suastra., I, Made, Candiasa. 2013. Pengaruh Penggunaan Komik Berorientasi Kearifan Lokal Bali Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.3

Pratiwi, Wulandari., Kurniawan, Riza, Yonisa. 2013. Penerapan Media Komik Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 1 (3), 1 – 16.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan media komik dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3).

Ratnani, R.D. 2009. Bahaya Bahan Tambahan Makanan bagi Kesehatan. Jurnal Penelitian. 5 (1), 16 – 22.

Riwanto, Mawar Akhir., Mey, Prihandani Wulandari. 2018. Efektifitas Penggunaan Media Komik Digital ( Cartoon Story Maker) dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pendidikan Anak Cerdas dan Pintar. 2 (1), 14 – 18.

Rorong, Johnly, Alfreds., Wiesje, Fenny, Wilar. 2019. Studi Tentang Aplikasi Zat Aditif Pada Makanan Yang Beredar Di Pasaran Kota Manado. Techno Science Journal. 1(2), 39 – 52.

Rostikawati, Diana Ayu., Anna, Permatasari. 2016. Rekonstruksi Bahan Ajar dengan Konteks Socio-Scientific Issues pada Materi Zat Aditif Makanan untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2 (2), 156 – 164.

Rukmana, H. I., Syamswisna, S., & Yokhebed, Y. (2018). Kelayakan Media Booklet Submateri Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2).

Sadler, T.D., Barab, S.A., Scott, B. 2007. What Do Students Gain by Engaging in Socioscientific Inquiry?. Research in Science Education. 37(4), 371 – 391.

Sadler, T.D., Donnelly, L.A. 2006. Socioscientific Argumentation : The Effects of Content Knowledge and Morality. International Journal of Science Education.

Sadler, T.D., Zeidler, D.L. 2004. The Morality of Socioscientific Issues: Construal and Resolution of Genetic Engineerring Dilemmas. Science Education. 88, 4 – 27.

Sadler, T.D., Zeidler, D.L. 2009. Scientific Literacy, PISA and Socioscientific discourse: Assesment for Progressive Aims of Sciense Education. Journal of Research in Science Teaching. 46(8), 909 – 921.

Setyaningsih, Arum., Sri, Rahayu., Fauziatul, Fajaroh., Parmin. 2019. Pengaruh Process Oriented-Guided Inquiry Learning Berkonteks Isu Sosiosantifik Terhadap Keterampilan Berargumentasi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 5 (2), 168 – 179.

Siska., Wili Triani., Yunita., Yuyun, Maryuningsih., Mujid, Ubaidillah. 2020. Penerapan Pembelajaran Berbasi Socio Scientific Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. 8 (1), 22 – 33.

Sismawarni, Warni Utami Dea., Usman., Nur, Hamid., Pintaka, Kusumaningtyas. 2020. Pengaruh Penggunaan Isu Sosiosantifik dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Journal Educational Chemistry. 2 (1), 10 - 17.

Sukiman, D., & Pd, M. (2012). Pengembangan media pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia: PT. Pustaka Insan Madani.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171-185.

Sukmanasa, Elly., Tustiyana. Windiyani., Lina, Novita. 2017. Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 3 (2), 171 – 185

Syahreza, M. Fachri, Irwan Syari T. 2018. Motif Dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNIMED. Jurnal Interaksi Vol.2 No.1

Veygid, Ahmad., Sandy,M. Aziz., Wildan, Said. 2020. Analisis Fitur Dalam Aplikasi Instagram Sebagai Media Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Biologi. 1 (1), 39- 48.

Waluyanto, Heru, Dwi. 2005. Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurnal Nirmala. 7 (1), 45-55

Wilsa, Asrizal Wahdan., Sri, Mulyani, Endang, Susilowati., Enni, Suwarsi, Rahayu. 2017. Problem Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue untuk Menngembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa. Journal of Innovative Science Education. 6(1), 129-137.

Wulandari, Fitria, Akbar Handoko, Bambang Sri Anggoro 2017. Pengaruh Penggunaan Strategi Socio Scientific Issues Terhadap Reflective Judgment Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi. 8 (1), 01-

Yuliastini, Ika Budi, Sri Rahayu, Fauziatul Fajaroh. 2016. POGIL Berkonteks Socio scientific Issues (SSI) dan Literasi Sains Siswa SMK. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM Vol. 1. 2016.

Zeidler, D.L., Sadler, T.D., Simmons, M.L., Howes, E.V. 2005. Beyond STS: A Research-Based Framework for Socioscientific Issues Education. Science Education, 89(3), 357- 377.

Zeidler, Dana L., Bryan, H. Nichols. 2009. Socioscientific Issues: Theory and Practice. Journal of Elementry Science Education. 21 (2), 49-5




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v3i2.2537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement

Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda