PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PLATFROM (INSTAGRAM) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII PUTRA SMP IT IBNU ABBAS TARAKAN

Anca Rizki Febriansyah, Fadhlan Muchlas Abrori, Fitri Wijarini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Komik Digital berbasis Platform (Instagram) pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa kelas VIII Putra SMP IT Ibnu Abbas Tarakan yang berkualitas dan untuk mengetahui respon siswa kelas VIII Putra SMP IT Ibnu Abbas Tarakan terhadap Komik Digital berbasis Platform (Instagram) pada materi sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Develoment) dengan menggunakan  model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII Putra SMP IT Ibnu Abbas Tarakan yang berjumlah 23 Siswa. Keseluruhan data diperoleh berdasarkan skor dari angket penilaian ahli media, ahli materi, praktisi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas komik digital berbasis platform (instagram) pada materi sistem ekskresi manusia berdasarkan penilaian ahli media memperoleh hasil rata-rata skor (X) sebesar 3,6 (kategori sangat baik), penilaian ahli materi memperoleh hasil rata-rata skor (X) sebesar 3,4 (kategori sangat baik), penilaian praktisi memperoleh hasil rata-rata skor (X) sebesar 3,5 (kategori sangat baik) dan respon siswa berdasarkan hasil uji coba menunjukkan rata-rata skor (X) sebesar 3,6 (kategori sangat baik) pada uji coba kelompok kecil maupun uji coba kelompok besar.

 

Kata Kunci: Komik Digital, Platform (Instagram), Sistem Ekskresi Manusia.

 

Abstract

This research aimed to produce the quality Instagram-based Digital Comics related to human excretory system materials for Grade VIII male students of SMP IT Ibnu Abbas Tarakan and figure out the responses of Grade VIII male students of SMP IT Ibnu Abbas Tarakan to the Instagram-based Digital Comics related to human excretory system. The study was classified into R & D (Research and Development) using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. The tested subjects in this research were 23 male students of Grade VIII SMP IT Ibnu Abbas Tarakan. All collected data were based on scores from the questionnaires assessed by media experts, material experts, practitioners, and those from the students’ responses. The results show that the quality Instagram-based digital comics related to the human excretory system materials respectively assessed by the media expert had an average score (X) of 3,6 (very good category), by the material expert had an average score (X) of 3,4 (very good category), by practitioner had an average score (X) of 3,5 (very good category), and based on students’ responses had an average score (X) of 3,6 (very good category) in both small and large group trials.

Keywords: Digital Comics, Instagram, Human Excretory System

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Abrori, F. M. (2021). Ketika Komikus Bertemu Etnobotanis: Cross-Project Pengembangan Komik Etnobiologi. Journal of Tropical Ethnobiology, 71-77.

Abrori, F. M., & Puspitajati, D. (2021, December). Drawing Your Opinion: An Activity of Visualizing Student Opinions in Comics Form Regarding Waste Problems in Coastal Areas. In 2nd International Conference on Innovation in Education and Pedagogy (ICIEP 2020) (pp. 67-74). Atlantis Press.

Annisa, M., Abrori, F. M., Rumansyah, R., Asrani, A., & Prastitasari, H. (2021). MILLENIALS IN VISUAL: APPOINTMENT OF EDUCATIONAL ISSUES IN INDONESIA THROUGH DIGITAL STRIP COMIC ON INSTAGRAM. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 10(4), 286-297.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan: metode dan paragdima baru. Penerbit Remaja Rosdakarya PT.

Ambarsari, V. I. D. (2018). Pengembangan Media Komik Digital Russian Service untuk Pembelajaran Tata Hidang. Skripsi. Universitas Negeri Togyakarta

Ashyar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : IP Press.

Budiarti, W. N. & Haryanto. (2016). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasi. 4 (2) : 240.

Dewi, Mas Ayu Rosiana. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Cartoon Story Maker Pada Materi Kalor Untuk Tingkat SMP/MTS Kelas VII. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Dick, W. dan Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction. Illion: Scott Foresman & Co.

Ernawati, Desi. (2016). Pengembangan Media Komik Pembelajaran IPA Kelas IV Tahun Ajaran 2015/2016 di SD. Jurnal PGSD. 04 (02) : 95.

Enawati, E. & Sani, H. (2010). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMA Negeri 3 Pontianak Pada Materi Elektrolit dan Non-elektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 1 (6) : 24-36.

Firdayanti, (2019). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Android Berbantuan Sosial Media Instagram Pada Kelas VIII SMP 2 Barombong. Kabupaten Gowa. Skripsi. UIN Alauddin Makassar.

Hidayah, Khilda Maulida Nur. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Quiz (Kahoot) pada Konsep Sistem Gerak. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Indah, Mawarni. (2018). Pengembangan Media Komik Kimia pada Materi Teori Perkembangan Atom di SMA Negeri 7 Banda Aceh. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Isnaeni, N. & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Trasnformation. 1 (5) : 152.

Kanti, F. Y., Suyadi, B. & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran untuk Siswa Kelas X IPS di MAN 1 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 12 (1) : 135-141.

Kurniawati, A. I. (2013). Gaya Belajar Siswa Kelas X dan XI IPA Serta Gaya Mengajar Guru dikelas Tersebut Dalam Pembelajaran Fisika di SMA Bakti Karya Kaloran Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Lesmono, A.D., Wahyuni, S., & Alfina, RDN. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Buku Komik Pada Materi Cahaya di SMP. Pembelajaran Fisika. 1(1) : 100.

Listiyani, I. M. & Widayati, A., (2012). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Akuntasi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntasi untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia. 10 (2).

Manan, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Biologi pada Materi Dunia Tumbuhan untuk Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah Tarakan. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Muarifin, A. (2019). Pengembagan Game “Rel & Fun†Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.

Muhson, Ali. (2010). Pengembangan Media Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. (2).

Noer, R. Z., & Abrori, F. M. (2018). Pengembangan Komik Pembelajaran pada Materi Bumi dan Alam Semesta untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas VI di SDN Utama 2 Tarakan dan SDN 17 Tarakan. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 59-69.

Novianti, Nilam. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Snakes and Ladders Pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria Kelas X SMA/MA di Daerah Perbatasan. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan (tidak dipublikasikan).

Nurinayati Fitri, Nurmasari Sartono & Dian Evriyani. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Komik Digital pada Materi Sistem Imun di SMA Negeri 13 Jakarta. Jurnal BIOSFER. 7 (2) : 47.

Pinatih, Sri Ayu Cahya & Semara Putra. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 5 (1) : 116-119.

Pranoto, Edi. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual Digital pada Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang (dipublikasikan).

Purba, RM. (2009). Perancangan Komik Buku Sekar Ing Bedhaya Sebagai Kontribusi Terhadap Perkembangan Komik Indonesia. Skripsi. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Purwanto, D. & Yulianti. (2013). Pengembangan Media Komik IPA Terpadu Tema Pencernaan Air Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Sains. 1 (1) : 71-76.

Rahmadhania, Rani, Ruqiah Ganda Putri panjaitan & Eko Sri Wahyuni. (2016). Kelayakan Modul Materi Sistem Ekskresi Kelas VII SMP. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Riswandi, Budi Agus & Farah Fauziyah Hanum. (2013). Pengembangan Kualitas Siswa Terampil IPTEK dengan Edukasi Komputer Bagi Siswa SD di Dusun Wonolelo. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. 2 (2) : 95-96.

Riwanto, Mawan Akhir & Mey Prihandi Wulandari. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pancar. 2 (1) : 15.

Santi, Setyawan Jayantoro & Eki Satria. (2021). Studi Perancangan Komik Digital Teknik Violin Sebagai Media Pembelajaran Alternatif pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Musik FSP ISI Yogyakarta.

Setiyani, Laeli Asih. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa SMP Negeri 2 Mranggen Kabupaten Demak. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (dipublikasikan).

Siregar, Ayub & Dewi Irmawati. (2021). Analisis Evaluasi Pengembangan Komik Digital pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Sistem Informasi. 2 (1) : 115-117.

Sudjana, Nana & Ahmad Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung : Penerbit Sinar Baru Algensindo.

Suwono H. (2011). Panduan Belajar Pengembangan Media Mata Pelajaran Biologi. Universitas Negeri Malang: Malang.

Tampubolon, Dian Ferdinan. Pengembangan e-Komik Pada Materi Minyak Bumi Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Skripsi. Universitas Jambi (dipublikasikan).

Wardana, Andi. (2018). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran untuk Mengapresiasi Cerita Anak pada Peserta Didik Kelas III SD/MI. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan (dipublikasikan).

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wilinda, Putri. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Cerita Bergambar Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP Negeri 1 Peukan Bada. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-raniry Darussalam-Banda Aceh (dipublikasikan).




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v4i1.2843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda