Pengaruh Gaya Belajar dan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Sebatik
Abstract
Gaya belajar dan media pembelajaran merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran, oleh karena itu keduanya harus menjadi perhatian bagi tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah gaya belajar dan media pembelajaran multimedia interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 pada pembelajaran biologi. Metode penenlitian yang digunakan adalah Quasi Ekperiment dengan desain The Non-Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Sebatik kelas XI Tahun Ajaran 2023/2024 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 72 siswa yang diambil dengan Teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner gaya belajar, tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test, dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistk inferensial dengan bantuan apalikasi SPSS 26. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis kovarian, diperoleh (1) nilai P- value gaya belajar = 0,621, hasil tersebut jika dibandingkan dengan nilai signifikansi 0,005 maka 0,621 > 0,05. (2) nilai P-value media pembelajaran = 0,016 maka 0,016 < 0,05. dan (3) nilai P- value interaksi antara gaya belajar dan media pembelajaran = 0,514 maka 0,514 > 0,05. Hipotesis dari penelitian ini (1) tidak ada perbedaan rata- rata hasil belajar post-test berdasarkan gaya belajar mengacu pada kovarian hasil belajar pre-test. (2) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar post-test berdasarkan penggunaan media pembelajaran mengacu pada kovarian hasil belajar pre-test. (3) tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar post-test berdasarkan interaksi gaya belajar dan penggunaan media pembelajaran mengacu pada kovarian hasil belajar pre-test. Dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini media pembelajaran berkontribusi terhadap hasil belajar biologi.
Full Text:
PDFReferences
Ayuningtyas, Irma & Minarti, I. B. (2021). Analisis Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Institit Indonesia Semarang. Jurnal Ilmia Edukasia, 1(1).
Chania, Yen., Haviz, M., & Sasmita, Dewi. (2016). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tang Datar.
Darmayanti, Erlin. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Surabaya: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9 (3), 639 – 649.
Fatmawati, F. (2023). Development of Molecular Structure Props to Support Science Learning. Biopedagogia, 5(2), 171-182.
Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa di SDN 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(1),25- 33.
Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68-73.
Hasrian, D. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Hasil Beajar Siswa pada Konsep Sistem Gerak Manusia.
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar MIPA, 16(1), 44-48.
Kurniawan, M. R. (2017). Analisis karakter media pembelajaran berdasarkan gaya belajar peserta didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 491- 506.
Lestari, S., & Djuhan, M. W. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 79-90.
Maku, N. A., Novian, D., & Yassin, R. M. T. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif terdapat Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL pada Mata Pelajaran Pemprograman Dasar. Inverted: Journal of Information Technology Education, 1(2), 75-83.
Nurnaifah, I. I., Akhfar, M., Nusyam. (2022). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. IJPE : Journal of Physics Educations.1 (2).
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.
Pujiarti, A. (2013). Hubungan antara Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Percobaan Wates Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Radityan, F. T., Kuntadi, I., & Komaro, M. (2014). Pengaruh multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi perbaikan differential. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 239-245.
Sa’adah, F. N., Widiharih, T., & Rahmawati, R. (2017). Analisis Kovarian pada dRancangan Bujur sangkar Graeco Latin. Semarang: Jurnal Gaussian, 6(1).
Sedik, A. D. (2023). Media Pembelajran dan Gaya Belajar mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah atas. Syntax Literasi: Jurnal Ilmiah Indonesia, 8 (5).
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.
DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v6i2.5105
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Person :
Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement
Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329
INDEXING BY: