Analisis Materi Metabolisme SMA Berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge)
Abstract
Perkembangan teknologi di dunia pendidikan mendorong guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengangkat pendekatan TPACK untuk menghasilkan kehidupan pendidikan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis TPACK pada materi metabolisme tingkat SMA. Penelitian ini mengadopsi pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan menggambarkan dan memahami integrasi TPACK dalam pembelajaran metabolisme. Penelitian ini melibatkan analisis materi, kurikulum, pendekatan, metode, model, dan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran metabolisme. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, wawancara guru, dan analisis rencana pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penemuan beragam metode, model, dan media yang digunakan untuk mengajarkan materi metabolisme. Penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi peserta didik, sarana dan prasarana. Pengembangan kompetensi guru dalam TPACK menjadi penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik, sehingga menstimulus perubahan hasil belajar ke arah positif.
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, A. (2021). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Discovery pada Mata Pelajaran Biologi Materi Metabolisme Sel di SMAN 1 Palibelo Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 286–304. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.60
Aisyah, S. (2021). Meningkatkan penguasaan materi metabolismemata pelajaran biologi dengan menggunakan model problem based learningmadrasah aliyah negeri sampang. Jurnal Ekonomi Syairah Dan Hukum Islam, 4, 2722–8460.
Ali, J. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Proses Metabolisme Pada Siswa Kelas XII IPA-1. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 82–94. https://doi.org/10.51878/learning.v1i1.195
Apriyeni, O., & Gusti, U. A. (2021). Urgensi Pengembangan Booklet tentang Materi Bakteri untuk Siswa Kelas X SMA. Journal Of Biology Education, 4(1), 23.
Ardianti, S. D. (2016). Pengaruh Modul Tematik Inquiry-Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Metabolisme Pembentuk Bioenergi. REFLEKSI EDUKATIKA, 5(2). https://doi.org/10.24176/re.v5i2.584
Arends, R. I., & Kilcher, A. (2019). Teaching for student learning: Becoming an accomplished teacher. Routledge.
Chang, M. C., Shaeffer, S., Al-Samarrai, S., Ragatz, A. B., de Ree, J., & Stevenson, R. (2013). Indonesia as a case study for comprehensive teacher reform. In Teacher Reform in Indonesia: The Role of Politics and Evidence in Policy Making (pp. 13–37). The World Bank. http://dx.doi.org/10.1596/978-0-8213-9829-6_ch1
Dewi, C. S., Suprapto, P. K., & Badriah, L. (2019). Peranan media sparkol videoscribe terhadap hasil belajar kognitif siswa lintas minat biologi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 93-100.
Fais, A. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran materi metabolisme dengan menggunakan model inkuiri terbimbing di SMA Alhikmah Surabaya.
Fatimah, S. (2018). Peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar metabolisme melalui group investigation. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 3(1).
Firman, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Proses Metabolisme Organisme dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Divition) pada Siswa Kelas XII MIPA1 SMA Negeri 2 Barru, Kabupaten Barru. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1).
Gusti, U. A., & Syamsurizal, S. (2021). Analisis urgensi pengembangan booklet pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas XI SMA/MA. Borneo Journal of Biology Education (BJBE), 3(1), 59-66.
Gusti, U. A., & Syamsurizal, S. (2021). Validity Test of Plant Tissue Structure and Function Booklet for Students in Grade XI Senior High School.
Gusti, U. A., Rahmi, A. S., Sunandar, A., & Rahmat, A. (2023). Analisis TPACK (Technological, Pedagogical, And Content Knowlodge) pada Materi Bioteknologi SMA/MA. Biology and Education Journal, 3(1), 65-75.
Gusti, U.A., Rismawati, R., Artha, H. W., & Noviandri, N. (2022). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Literasi Lingkungan untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. IBERS: Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu, 1(1), 1-7.
Handayani, T., Aprilia, N., Susanti, A., & Alpendi, A. (2023). Analisis technological pedagogical content knowledge (tpack) calon guru biologi universitas ahmad dahlan. BIODEUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 14(1), 16–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v14i1.7769
Hasbullah, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Menggunakan Model Problem Base Learning Berbasis Powtoon Siswa Kelas XII IPA 7 SMAN 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(2), 124. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i2.1623
Hasna, H. (2014). Penerapan Metode Eksperimen Untukt Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Biologi Materi Metabolisme Sel Dengan Menggunakan Percobaan Sach Dan Percobaan Ingenhouzs. Jurnal Serambi IlmU, 15(1).
Kaplon-Schilis, A., & Lyublinskaya, I. (2015). Exploring Changes in Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK) and TPACK of Pre-service, Special Education Teachers Taking Technology-based Pedagogical Course. Conference: Society for Information Technology & Teacher Education International ConferenceAt: Las Vegas, NV, 1.
Martini, S. (2016). Metode Demonstrasi Interaktif Berbasis Inkuiri dalam Pembelajaran Konsep Metabolisme pada Siswa Kelas XII SMA Angkasa Bandung. Jurnal Mangifera Edu, 1(1).
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1).
Mashur, M. A. (2019). Pengembangan modul belajar inkuiri terbimbing berbantuan multimedia pada materi metabolisme sel dan pengaruhnya terhadap literasi sains, keterampilan berpikir kritis, serta hasil belajar siswa kelas XII SMA.
Mayer, R. E. (2014). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative research: A guide to design and implementation. John Wiley & Sons.
Muhammad, N., Djufri, D., & Muhibbuddin, M. (2014). Penerapan model concept attainment terhadap hasil belajar siswa pada materi metabolisme. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1).
Norita, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII E di SMPN 12 Kota Bengkulu. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 351–361. https://doi.org/10.51878/learning.v2i4.1792
Nur, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Materi Metabolisme Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Makassar. Binomial, 3(2), 27–38. https://doi.org/10.46918/binomial.v3i2.668
Rizka, C., Harahap, F., & Edi, S. (2017). Analisis kebutuhan mahasiswa pada mata kuliah bioteknologi di universitas negeri medan.
Rosalina, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Analisis Peserta Didik pada Materi Sistem Saraf melalui Pembelajaran Blended Learning berbasis TPACK (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Saparuddin, S., Lestari, U., & Suarsini, E. (2021). Persepsi dan Kebutuhan Mahasiswa Calon Guru Biologi terhadap Media Pembelajaran Bioteknologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(5), 720. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14782
Sinaga, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Tebing Tinggi. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 10(4), 379–388. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i4.20960
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan TPACK (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Wahab, N., & Sundari, S. (2018). Model discovery learning dalam pembelajaran biologi metabolisme untuk meningkatkan aktivitas sains dan hasil belajar siswa kelas xii-ipa i di sma negeri 4 kota ternate. Seminar Nasional Biologi Kepulauan, 1.
Wasdili, F. A. Q., Romlah, S., & Novilla, A. (2020). Pengenalan Materi Biologi Molekuler Melalui Pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) Pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bandung Barat.
Widodo, A. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: Dasar-dasar untuk Praktik. UPI Press.
Zulaiha, S. (2016). Pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan implementasinya dalam rencana pembelajaran PAI MI. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v6i2.5668
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Person :
Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement
Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329
INDEXING BY: